shodiqah.com

10 Tempat Kuliner Di Sumatera Barat

 

Sumatera barat dikenal dengan kulinerannya yang kaya dengan rempah. Liburan tampa makanan itu kurang lengkap, kalau kamu liburan ketanah minang jangan lupa cobain makanannya.

 

1.      Lamun Ombak


                         (foto share by google)

Turun dari pesawat dalam kondisi lelah dan perut lapar sangat cocok makan berat,  yaitu nasi padang asli dari tanah sumatera barat. Kawasannya juga dekat bandara, tempatnya sangat strategis dan mudah ditemukan. Banyak menu yang disediakan dari rendang, dendeng, tunjang, gulai itik dan lain sebagainya.

Rumah makan ini tidak terbilang asing lagi, lantaran sudah hampir semua pendatang mengetahui rumah makan satu ini, dan dia sudah mempunyai cabang juga diberbagai provinsi. Letaknya di jalan lintas padang ke padang pariaman, Pasar Usang, disebelah kiri kalau dari padang menuju padang pariaman.

 

2.      Nasi Goreng Patai Mie-Mien


(foto share by google)

Nasi goreng yang dikasi petai, bingung lapar ketika malam?

Mie-mien solusinya. Kedai nasi goreng memang biasa buka dimalam hari, jadi jangan kuatir kalau lapar ditengah malam. Jika bosan dengan nasi padang bisa cicipi nasi goreng khas sumbar ini.

Terletak di jln M. H. Thamrin No 10 Padang .

3.      Kue Bika Jati

Ketika mau ke pariaman atau jalan mau ke bukittinggi banyak pondok-pondok kecil yang menyediakan kue bika, kue yang cocok dimakan ketika buka puasa, manis dan mengenyangkan juga.

Yang terkenal salah satunya Bika Talago sekitar 10 km dari pusat koya Bukittinggi.



(foto share by google)

kue yang menggunakan daun waru ini mempunyai wangi yang unik dan khas, apalagi ketika dibakar menggunakan sabut kelapa.

4.      Minum Kopi Kawa

Menikmati kopi dikawasan Batusangkar, desa kecil yang berada dibawah kaki gunang yang  beriklim sejuk dan dingin, minum kopi sangat cocok untuk menghangat badan. Sambil menyeruput kopi kita juga disuguhkan alam yang masih asri dan sejuk.

(foto share by google)

Namanya memang kopi kawa tapi bukan biji kopi yang dihancurkan yang diminum melainkan daun kopinya. Daun kopi juga yang berkualitas tidak bisa sembarangan.

Daun dikeringkan dengan cara disangrai menghabiskan waktu sekitar 12 jam an sampai sangat kering, setelah iru direbus dengan air mendidih.

Uniknya lagi, penyajiannya tidak menggunakan gelas tapi memakai batok kelapa yang sudah dibersihkan dan dikasih cat agar menarik.

Saat minum kopi kawa juga disediakan gorengan yang masih panas, sangat cocok dengan udara sekitar yang tergolong dingin.

5.      Pasar Kuliner Padang Panjang

 Cocok dengan namanya pasar kuliner, disini kita disuguhi dengan beraneka ragam makanan. Dari makanan manis kayak martabak khas sumbar, roti tenong. Atau suka mananan pesas ada soto, bakso, sate padang dan nasi padang tentunya. Kalau sudah kesini kita akan dibikin kalap karena semua makanannya enak. Semakin malam semakin banyak yang datang.

Padang panjang itu nama lokasinya tempat yang dingin nan indah lagi sejuk.

(foto share by google)        

6.      Kerupuk Sanjai Nitta

Kalau kita ke Bukittinggi belum lengkap kalau belum beli sanjai, makanan yang terbuat dari ubi singkong ini banyak variasinya, ada yang balado, original dan manis.  Hampir kiri kanan jalan orang menjual berbagai macam kerupuk. Di kedai kerupuk sanjai nitta ini juga ada kerupuk 8, kue bawang dan lain sebagainya. Biasanya pulang dari sini bisa membawa 3 kresek isinya kerupuk semua.

Kerupuk sanjai nitta sudah berdiri dari tahun 1988, berlokasi di jalan raya kaphe panji No.17 Nagari Ladang Kawah Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam.

   (foto share by google)

7.      Sate Inyiak Datuak

Sate makanan yang hampir ada diseluruh tanah air, sate mak datuak menyediakan beberpa macam kuah ada kuah kacang, kuah kuning atau dicampur antara kuah kuning dengan kuah kacang, tapi khasnya yang banyak diminati kuah kuning.

Bukittinggi dengan kota dinginnya sangat pas lidah dan perut dimanjakan dengan majanan yang panas-panas.

(foto share by google)

Makan pakai karupuak jangek yang disirim kuah sate yang panas sangat enak sekali.

Usaha yang sudah ada dari 2008 silam dan sudah mempunyai beberapa cabang.

Di kedai juga ada minuman teh talua, minuman khas sumbar. Telur ayam kampung yang dikocok secara manual dan dikasih teh. Ada sensasi sendiri pas diminum, mungkin bagi sebagian orang baunya anyir.

Kawasannya berada di kota bukittinggi dekat dengan wisata jam gadang.

8.      Soto Lubuk Basung

Lubuk basung adalah salah satu kecamatan di Agam. Walaupun tidak pergi ke sana kita bisa jumpai di pasar raya raya padang, lokasinya dipertigaan jalan antara jalan pasar baru, jalan pasar raya dan jalam permindo.

Pengunjung selalu ramai berdatangan apalagi dijam makan siang, siap-siap nganti kalau dijam rawan pengunjung itu. Haganya juga tidak terlalu mahal dengan Rp. 15.000 kita sudah bisa mendapatkan seporsi soto.

 

9.      Katupek Gulai Tunjang Elok As

Biasanya kuah ketupat cuma nangka, kacang panjang atau buncis, ini agak istimewa dengan kuah isiannya tunjang atau sejenis kikil sapi, yang ada perpaduan antara lembutnya ketupat dengan kenyalnya tunjang. Kuliner ini banyak dijumpai di kawasan pariaman, biasanya dimakan dengan sala lauakn gorengan bulay yang berwarna keemasan.


                      (foto share by google)

Untuk biayanya emang agak mahal sekitar 40 ribuan, untuk porsinya saya tidak sanggup makan sendiri. Kebanyakan soalnya.


1.      Lamang tapai

Makanan yang biasa disuguhkan dibulan sya’ban, lamang yang berasal dari beras pulut dan tape yang sudah difermentasikan.


                          (foto share by google)

 

 

 

#blogspediachallenge15day8

 

 

 

Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.