shodiqah.com

TABEL AMALAN HARIAN


Umur dan waktu merupakan dua hal yang paling mahal, jika waktu habis tanpa faedah berarti kita sudah menyia-nyiakan kehidupan.

نِعْمَتَانِ مَغْبُوْنٌ فِيْهِمَا كَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ: الصِّحَّةُ وَالفَرَاغِ

“Dua nikmat, kebanyakan manusia tertipu yaitu kesehatan dan waktu luang.” (HR. al-Bukhari)                      

Kesehatan nikmat yang tidak bisa dibeli dengan uang, yang bisa dibeli cuma makanan sehat, namun kesehatan sendiri tidak bisa dibeli. Kita bisa lihat dirumah sakit ternama, yang pasiennya kelas atas, makanan yang dihidangkan sangat sehat karena biayanya juga tidak main-main, namun apa mereka bisa beli kesehatan?

Agar kita sanggup melakukan ibadah dan semua kegiatan harian, perlu yang namanya menjaga kesehatan, kalau kita sehari saja sakit, semua hal yang sudah kita susun akan kacau berantakan. Supaya waktu tidak terbuang sia-sia, kita harus membagi antara amalan dunia dan amalan akhirat. Bagi pemula bisa memakai tabel amalan harian atau mencatatnya dibuku harian, sedangkan bagi orang yang sudah biasa melakukan tidk perlu lagi catatan atau tabel untuk menjalani kehidupan yang positif. Memang susah diawal namun kalau sudah menjadi kebiasaan akan sangat menyenangkan.

Kebanyakan ciri orang sukses dilihat dari segi membagi waktunya, dari bagun tidur sampai tidur lagi disusun dengan rapi, menunda pekerjaan merupakan suatu aib yang besar baginya, sesekali boleh menunda tapi katakan NO untuk menjadi sebuah kebiasaan.

حَياتُكَ أَنفاسٌ تُعَدُّ فَكُلَّما  مَضى نَفَسٌ أَنقَصتَ بِهِ جُزءً

 “Kehidupan adalah nafas yang ditentukan, maka setiap nafas berhembus berkuranglah bagian jatah kehidupan(umur)”

Menjadi orang yang mempunyai keinginan sukses yang tinggi, tujuan yang jelas, maka wajib membagi waktu sebermanfaat mungkin, jangan sia-siakan waktu, karena satu detik berlalu dia tidak akan bisa kembali lagi!

Tata waktu sedemikian mungkin, bagi waktu untuk hak Allah SWT, untuk hak manusia dan waktu untuk diri sendiri.

Waktu untuk Allah SWT

Manusia diciptakan pada dasarnya untuk beribadah kepada Allah SWT, sedangkan kegiatan yang lain hanya sebagai jalan pembuka ibadah, untuk itu kita harus bisa memilih jalan yang Allah SWT ridhoi.

Banyak ibadah yang bisa kita lakukan, Allah tidak menyuruh kita melakukan semua ibadah, cuma Allah menyuruh kita apa yang sanggup kita lakukan, tidak ada istilahnya memberatkan dalam agama. Kita tidak sanggup sedekah uang, maka bisa diganti dengan sedekah jasa atau sekedar senyuman sudah terbilang pahala sedekah.

Tabel Amalan Harian Berkaitan Dengan Hak Allah SWT

Ibadah Qiyamul Lail

Qiyamul Lail sangat dianjurkan untuk dikerjakan, sayang sekali kalau ibadah ini ditinggalkan, pahalanya sangat besar disisi Allah SWT. Disaat orang-orang pada nyenyak tidur, begadang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, nah kita menggunakan kesempatan ini untuk berbisik dengan Allah.

Tabel Qiyamul Lail

Keutamaan Qiyamul Lail

  1. Terhitung bagian orang-orang shaleh
  2. Sebagai penyelamat dari api neraka
  3. Waktu cepat diijabahnya doa
  4. Termasuk golongan ahli surga
Keutamaan Qiyamul Lail

Perlu fikir panjang lagikah untuk mengerjakan sholat qiyamul lail? 

Tidak perlu mengerjakan 20 rakaat, semampu kita saja, yang penting rutin dikerjakan sampai akhir hayat.

Bacaan Harian

Dzikir dan sholawat merupakan obat hati agar tidak lalai, dan supaya terhindar dari berbagai macam penyakit hati, seperti sombong, dengki, iri dan masih banyak lagi. Kalau hati sudah tidak baik-baik saja, semua hal akan tampak buruk, hati salah satu pengendali badan dan fikiran, untuk itu hati perlu dijaga.

الذكر دواء لأمراض القلوب

"Dzikir adalah obat untuk semua penyakit hati”

Waktu Untuk Orang Lain

Manusia adalah makhluk sosial, yang perlu bergaul dengan manusia yang lain. Keluar rumah untuk menyusuri jalanan rumah tetangga, sekedar bertukar fikiran dan melempar senyuman itu sudah cukup, setidaknya orang masih menganggap keberadaan kita dilingkungannya.

Silaturahmi salah satu bentuk keagungan islam, islam sangat membenci orang-orang yang memutuskan tali persaudaraan antar sesama. Bentuk cara menyambung silaturahmi seperti menghadiri acara orang yang mengundang, menjenguk orang sakit, dan bersedekah.

Waktu Untuk Diri Sendiri

Tabel Amalan Harian Berkaitan Untuk Diri Sendiri

Tabel Kesehatan

Setelah hak Allah SWT dan hak orang lain kita penuhi, jangan lupakan hak untuk diri sendiri juga wajib diperhatikan.

Dalam hidup sebagai tempat tumpuan utama adalah diri sendiri. Menjalani kehidupan tidak semuanya harus mengandalkan orang lain, diri sendirilah sebagai pokok utama kehidupan. Sesekali meminta bantuan sangat wajar, namun jangan sampai menjadi keharusan. Tidak semua orang bisa kita mintai bantuan, karena mereka juga mempunyai kehidupan yang harus mereka penuhi. Kita patut mencoba bertahan hidup sendiri, mengandalkan diri untuk menjalani kehidupan, kehidupan yang tak tahu akhirnya kapan, untuk itu kita perlu perhatian kediri sendiri, baik dari segi kesehatan badan, fikiran dan mental.

Kesehatan badan perlu dijaga, rutin olahraga 3x seminggu, menjaga pola makan, minum air yang cukup, kualitas tidur yang baik, semuanya perlu diperhatikan. Kalau kesehatan sudah tidak stabil, semuanya akan cuma jadi wacana.

Apakah vitamin untuk otak sudah dikasih apa belum, caranya dengan banyak membaca. Karena pengetahuan yang luas bisa sebagai bentuk pertahanan diri dari hal-hal buruk.

Setelah semua kegiatan yang berat dilakukan, kita perlu juga menyenangkan diri, seperti makan-makanan yang enak, jalan-jalan atau cuma sekedar menonton film kesukaan, karena itu termasuk menjaga mental agar tetap waras. Dalam menjalani hidup perlu keseimbangan, menyenangkan diri sendiri termasuk sebuah keharusan.

Kesimpulan

Waktu adalah penentu jalan kehidupan, semakin banyak waktu yang terbuang sia-sia, berarti kita sudah menyia-nyiakan kesempatan hidup yang Allah berikan. Berjalanlah diatas bumi dengan segudang harapan, usaha dan tawakal. Benahi waktu setiap hari, agar kita bisa membandingkan waktu yang lalu dengan waktu yang akan datang, supaya kita tidak menjadi orang yang penuh dengan penyesalan. Membuat tabel amalan harian salah satu upaya agar waktu tidak terbuang sia-sia.

 

20 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.

  1. Masyaallah terimakasih remindernya mba. Aku minum blm bs 2 liter hiks. Mentok 1.5

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah sudah lumayan mba, yok semngat dikit lagi kok mba hehe

      Hapus
  2. Betul banget, manajemen waktu ituuu adl kunci. Kmrn sempet terseok2 krn dadakan dpt amanah baru, akhirnya duduk sebentar menyusun ulang prioritas2 kegiatan Dan pembagian waktunua

    BalasHapus
    Balasan
    1. meluangkan waktu beberpa menit demi produktif beberapa hari kedepan ya mba.

      Hapus
  3. Terimakasih pengingatnya mbaa.. sering lupa bikin begini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dimulai dari skrg kok mba, blm terlambat. semangat ya mba

      Hapus
  4. Terima kasih sharingnya mbak. Tabel ini bisa sebagai pedoman agar selalu rutin melaksanakan amalan2 dan sholat2 sunah yang kadang tidak kita laksanakan.

    BalasHapus
  5. terliht sepele memang membuat amalan harian, tapi ini penting lo jaga kewarasan lahir dan batin. masih suka rapel olahraga di akhir pekan atau di hari tertentu, hiks

    BalasHapus
  6. Terimakasih mbak sharing ilmunya, saya selalu membuat to do list untuk kegiatan sehari-hari. namun sering melupakan membuat list untuk amalan dan ibadah harian. artikel ini bisa menjadi referensi saya untuk memulai membuat tabel amalan harian :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kehidupan akhirat harus diutamakan ya mba, yok mulai list untuk kehidupan akhiratnya mba

      Hapus
  7. Masya Allah, terima kasih Kak remindernya ^^

    BalasHapus
  8. Kalo bisa bikin gini dan istiqamah itu luar biasa. Hidup sudah on the right track. InsyaAllah berkah umurnya. Baarakallaahu fiik

    BalasHapus
    Balasan
    1. وأنت كذلك بارك الله فيك

      Hapus
  9. Selama ini rutin ibadah Qiyamul Lail tapi belum tahu keutamaannya. Akhirnya tahu juga..MasyaAllah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. masya Allah mba, mengetahui keutamaannnya cuma sebagai penyemangat agar selalu menyempatkan diri mengerjkannya

      Hapus
  10. Ini bisa nggak sih mbak dibikin video gitu tabel2 nya, atau slidenya jadi satu kayak postingan di pinterest? Huhu soalnya bermanfaat banget. Ini sih reminder lagi, termasuk buat aku mb. Udah bikin to do list tp ada aja yang lalai. Apalagi kalau udah kocar-kacir ngerjain berbagai tugas. Boleh share juga nih manajemen waktunya mb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah aku blm bisa ngedit video mba, ini bljr ngedit ngikut tutor ytb mba, hehe. smoga esok hari bisa ya mba. hehe

      Hapus
  11. Bagian tabel kesehatan terasa jleb sekali, berasa diingatkan harus seimbang semua urusan. makasih kak Febby

    BalasHapus