shodiqah.com

Perkembangan Transportasi Di Indonesia

 

Perkembangan Teknologi Alat Transportasi

 

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari tempat satu ketempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana atau alat baik menggunakan tenaga manusia, hewan ataupun mesin.

Transportasi dari masa kemasa selalu berkembang dan berubah, yang dari awalnya untuk memudahkan dan agar tidak menggunakan waktu terlalu lama sekarng juga menjadi fashion untuk gaya-gayaan.


(Foto Schare By Google)

Cikal bakal transportasi ditandai dengan penemuan roda pada kisaran tahun 3500 sebelum masehi (SM), berbarengan jugaditahun yang sama dikembangkannya kapal.

Zaman terus berkembang, pada tahub 1492 ada seorang penemu yang bernama Leonardo Da Vinci membuat lebih 100 gambar rancangan pesawat terbang.

Di tahun 1620 ada Cornelis Drebbel yang juga membuat kapal selam pertama, berselang 2 tahun setelah itu ada Blaise Pascal yang tidak mau kalah juga menciptakan bus angkatan umum pertama kali.

Sebelum ada penemuan transportasi orang dulu menggunakan hewan secara manual, kayak kuda atau batang pohon untuk menggelindingkan barang.  

Transportasi pada umumnya dibagi menjadi tiga:

1.      Transportasi Darat

Sebenarnya sudah ada dari zaman kuno, namun masih manual, baik menggunakan tenaga hewan ataupun manusia seperti kuda, unta, gerobak ataupun sepeda kayuh.

Sedangkan kendaraan yang menggunakan mesin baru muncul setelah abad ke 18 yang menggunakan mesin uap, mulai digunakan sekitar tahun 1870  di perancis yang digunakan untuk mengangkut senjata perang. Dan itu kecepatannya hanya secepat orang yang berjalan kaki.

Setelah itu pada tahun 1880 an ditemukan mesin disel berbasis solar, dari sinilah mulai berubah secara pesat perkembangan transportasi seperti sekarang.

Mobil sudah mulai dirakit begitu juga kereta api.

2.      Transportasi Udara

Dari ditemukannya mesin untuk mobil, mulai muncullah ide baru yaitu perkembangan transportasi di udara.

Transportasi udara pertama adalah balon udara yang ditemukan oleh Joseph dan Jacques Etienne ditahun 1782, mereka berhasil menerbangkan balon udara setinggi 300 M untuk pertama kalinya dalam sejarah manusia.

Pada tahun 1903 oleh Orville dan Wilbur Wright mereka merancang dan merakit pesawar terbang yang dijuluki dengan Kitty Hawk, yang membuat perjalanan sudah lebih cepat.

Tidak puas dengan itu saja, pada tahun 1905 Ir. Henry Conda dari Rumania mengembangkan pesawat jet.

Setelah itu pesawat udara semakin berkembang dengan banyaknya merek pesawat seperti sekarang.

Dengan pesawat semuanya jadi mudah dan cepat. Apalagi antar negara tidak butuh waktu berbulan-bulan lagi, menghemat waktu dan tenaga.

3.      Transportasi Air

Sebenarnya transportasi air tidak terlalu banyak digunakan seperti transpotasi darat dan udara, cuma transportasi laut banyak digunakan untuk wilayah laut atau pulau yang berdekatan dan juga untuk biayanya lebih murah walaupun butuh waktu yang dibilang cukup lama juga.

James Watt sebagai penemu mesin uap sangat berjasa dalam perkembangan transportasi satu ini, karena penemuan beliau tergeraklah hati Robert Fulton untuk membuat kapal bertenaga uap yang memudahkan perpindahan antar pulau, namun masih untuk perang saja belum ada untuk masyarakat umum.

Setelah itu muncullah kapal selam pada abad ke 19 oleh Cornelis Drebble yang digunakan untuk perang dunia I.

Perkembangan transportasi butuh waktu yang panjang dan lama, sebelum secanggih sekarang.

Setelah bahas perkembangan transportasi secara global, sekarang kita masuk secara khusus untuk wilayah indonesia.

Perkembangan Transportasi Di Indonesia

1.      Alat Transportasi Darat

Abad ke 19 ada delman sebagai alat transportasi umum, ditahun 1869 ada trem yang menggunakan tenaga kuda.

Pada tahun 1881 tenaga kuda diganti dengan mesin uap. Berkembang dan selalu berganti, di tahun 1901 muncullah trem listrik.

Setelah itu becak mulai bermunculan di indonesia dan itu cukup bertahan lama, sekitar tahun 1930-1989. Becak sampai sekarang masih ada cuman tidak sebanyak dahulu. Namun sebenarnya di tahun 1970an ada dobrakan baru oleh Bapak Ali Sadikin mengembangkan inovasi baru yaitu helicak yang menggunakan tenaga mesin.

Oplet muncul pada tahun 1960-1970, di akhir tahun 1970 di hapus karena dikatakan sudah terlalu tua jadinya diganti dengan taxi dan bemo.

Tau bemo?

Bemo juga tidak bertahan lama, di tahun 1971 sudah mulai jarang ditemukan, karena tidak ramah lingkungan akhirnya dihapus, dan digantikan oleh bajaj yang berbahan bakar gas yang lebih ramah lingkungan. Ditahun yang sama juga muncul mikrolet dan metro mini yang lebih banyak memuat penumpang.

Ditahun 1985-1990 an bis tingkatpun muncul untuk membawa lebih banyak penumpang  namun redup dengan alasan kurang nyaman, namun di tahun 2014 muncul lagi, hanya saja digunakan untuk angkutan wisata bukan untuk angkutan umum.

Lalu di tahun 2014 muncul Tranjakarta dengan angkutan umum yang besar dan cepat. Transjakarta punya jalur khusus, untuk itu cukup banyak peminat angkutan yang satu ini.

Ada gebrakan baru di tahun 2014-2015, yaitu adanya campur tangan  aplikasi online yang lebih canggih dan simple, yaitu ojek inline dan taksi online.

Di tahun 2019 hadir kereta cepat yang lebih banyak menampung penumpang tentunya, dan juga lebih mengurangi kemacetan.

2.      Transportasi Laut

Dahulu masyarakat menggunakan perahu dayung, rakit dan kapal layar dari suku bugis, yang sangat bertumpu dengan arah angin.

Dengan ditemukannya mesin hampir semuanya menggunakan mesin seperti kapal persiar, kapal amfibi dan lainnya. Semakin besar dan semakin canggih, sudah bisa mengangkut banyak manusia dan barang-barang yang besar.

3.      Alat Transportasi Udara

Orang yang sangat berjasa dalam perkembangan pesawat di indonesia adalah Bapak Nurtanio, beliau membuat pesawat layang tampa mesin di tahun 1946 kemudian di tahun 1948 beliau merakit pesawat bermesin Harley Davidson yang kemudian diberi nama RI-X, namun perusahaan ini ditutup pada tahun 1948 karena ada pemberontakan PKI di Madiun.

Beliau terus mengembangkan idenya, di tahun 1958 merakit pesawat dari sisa peninggalan Belanda dari logam dan ban vespa, pesawat ini menjadi monumen Dirgantara Indonesia.

Ditahun 1966 terjadi musibah terjatuhnya pesawat yang ditumpangi oleh Bapak Nurtanio.

1976 industri yang dikembangkan olehnya diberi nama IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). Dan diempu oleh Bapak Bj Habibie.

Transportasi udara sangat besar manfaatnya dari segi kecepatan dan mempersingkat waktu.


#BlogspotChallenge15_Day11

Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.