shodiqah.com

Terumbu Karang Untuk Kehidupan

 

Indonesia dengan 17.000 lebih pulau yang membentang dari sabang sampai merauke, negara yang mempunyai pulau terbanyak didunia. Memiliki kekayaan yang tersimpan di dasar lautan yang begitu luas dibandingkan dengan daratannya.

Lautan yang mengelilingi wilayah nusantara adalah milik kita semua rakyat indonesia.

Sumber kehidupan masyarakat indonesia salah satunya bergantung kepada hasil laut, untuk itu perlu menjaga kelestariannya.

 

Terumbu Karang



(foto schare by google)



Indonesia sebagai negara yang mempunyai pulau terbesar didunia, ternyata juga sebagai surganya terumbu karang. Banyak jenis terumbu karang yang ada didasar laut, namun disayangkan semakin hari semakin punah.

Dilaut bermacam ragam sumber alam yang melimpah, berupa ribuan jenis ikan, ratusan jenis rumput laut dan juga terumbu karang ,untuk itu kita perlu melindunginya agar tidak punah dan rusak.

Ribuan jenis ikan sangat bergantung dengan terumbu karang sebagai habitat atau tempat tinggal mereka, layaknya kita yang butuh rumah untuk berlindung dari musuh dan sebagai tempat berkembang biak. Bukan itu saja, kerusakan terumbu karang akan berdampak kepada kerusakan ekosistem ikan dan pastinya juga mengancam mata pencaharian masyarakat.

Terumbu karang semakin hari semakin punah, tak jarang nelayan mengambilnya untuk keperluan bahan baku perhiasan dan industri, sehingga banyak spesies yang kehilangan tempat untuk berkembang biak.

Terumbu karang kalau dari penglihatan kita mirip dengan tumbuhan, tapi ternayata terumbu karang dikelompokkan kepada spesies ikan. Walaupun ia menempel pada substrat seperti halnya tumbuhan, namun terumbu karang tidak mempunyai klorofil dan tidak bisa menghasilkan makanannya sendiri.

Sebagai hewan yang tergolong dalam Cnidaria, terumbu karang tidak mempunyai organ pernafasan. Terumbu karang bernafas melalui lapisan sel, yang berfungi ketika menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida kesekitarnya.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Manusia

·         Melindungi pesisir pantai

Dengan adanya terumbu karang, ombak lebih bisa stabil dan tidak terlalu membahayakan.

·         Meningkatkan ekonomi masyarakat

Terumbu karang tempat berlindungnya berbagai jenis hewan laut, semakin banyak terumbu karang semakin mudah kita mendapkan hasil laut untuk sumber mata pencaharian.

·         Sarana untuk pembelajaran

Dengan adanya terumbu karang, bisa sebagai tempat tujuan wisata keluarga dikala libur sekolah, untuk menambah wawasan anak-anak tentang ekosistem laut.

·         Sebagai bahan baku obat dan kosmetik

Salah satu dampak punahnya terumbu karang karena para nelayan memburunya untuk dijadikan bahan baku dasar obat dan kosmetik.

·         Mengurangi pemanasan global

Sama seperti hutan yang dipenuhi pohon-pohon untuk mengurangi polusi dan pemasan global, laut dan ekosistem terumbu karang juga bisa mengurangi pemanasan global.

Bawah Laut Yang Mempunyai Karang Laut Tercantik Diindonesia

·         Raja ampat di Papua barat

·         Wakatobi di Sulawesi tenggara

·         Alor di Nusa tenggara timur

·         Pulau komodo di Nusa tenggara timur

·         Bunaken di Sulawesi utara

·         Derawan di Kalimantan timur

·         Banda di Maluku tengah

 

 

Ciri-ciri Terumbu Karang

·         Berada dibawah laut yang memiliki suhu stabil dan memiliki kadar garam tinggi untuk menghasilkan kapur oleh koral dan alga.

·         Biasanya tumbuh pada kedalaman yang masih bisa terkena cahaya matahari dan bersuhu tropis seperti indonesia. Yang mataharinya selalu bersinar disepanjang tahun.

·         Terumbu karang juga sebagai penanda apakah lautnya bersih mesih terjaga atau tidak. Jika terumbu karang hancur, maka ekosistem lautpun akan hancur.

 

Cara Menjaga Laut Indonesia

1.      Mengurangi penggunaan plastik

Sudah banyak laut indonesia tercemar karena banyaknya sampah.

2.      Menggunakan angkutan umum

Polusi udara menyebabkan terumbu karang menjadi putih.

3.      Menghemat penggunaan air

Laut adalah tempat terakhir pembuangan air dimanapun, baik dari sungai atau lainnya.

4.      Tidak membuang sampah ke laut

Sampah plastik terutamanya, karena plastik memerlukan waktu yang lama untuk terurai.

 

 

Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.