shodiqah.com

Yuk Kenalan Dengan SEO On Page Dan Manfaatnya


Tidak bisa dipungkiri, setiap penulis pasti pengen mempunyai banyak pembaca, supaya informasi yang ia tulis bisa dirasakan banyak orang, selain itu juga sebagai penambah nilai trafik. Demi keinginan itu tercapai, pasti mempunyai langkah untuk menggapainya, tidak bisa hanya bermodalkan semangat namun tidak dibarengi usaha. Untuk itu kita perlu meningkatkan kemampuan dalam menulis dan mengikuti cara mengaploud tulisan yang benar agar lebih luas cakupan pembacanya, seperti memperdalam ilmu tentang SEO dan mengenali apa manfaat SEO bagi tulisan, supaya kita bisa menjalankannya dengan senang hati, karena bagi pemula memang sedikit agak rumit untuk menerapkannya. Yok belajar!

Kenalan dengan SEO On Page Dan Manfaatnya

SEO Apaan Tuh?

Search Engine Optimization  kalau dibahasa Indonesia artinya Mengoptimasikan Mesin Pencari. Sederhananya SEO adalah cara yang dilakukan seorang penulis, agar tulisannya bisa bertengger dihalaman utama pencarian. Untuk itu perlu usaha dan langkah-langkah supaya tulisan lebih banyak pembaca dan bisa menaikkan trafik blog. Ketika SEO sudah diterapkan trafik blog akan selalu ada pembacanya karena tulisan sudah berada di halaman utama. Menggiurkan sekali bukan?

Upaya Agar Tulisan Berada Di Page One Google


Upaya supaya tulisan berada di halaman utama

Menentukan Keywords Atau Kata Kunci

Keywords adalah kata-kata yang akan muncul di mesin pencarian, dengan kata-kata itu google akan menyajikan data sesuai informasi yang sedang dicari. Semakin sedikit yang memakai kata kunci maka peluang untuk berada di page one google lebih besar, untuk itu perlu mengacak-ngacak mesin pencarian sebelum mempubliskan tulisan.

Keywords perlu diulang-ulang dibeberapa tempat seperti:

  1. Judul 
  2. Permalink
  3. Meta Deskripsi 
  4. Paragraf Pertama 
  5. Paragraf Akhir

Keywords bisa dibilang sebagai pemicu datangnya pembaca, kalau tulisan kita berada di page one pembaca akan berdatangan, karena sangat jarang orang membaca di page selanjutnya, karena yang bertengger di halaman utama biasanya tulisan-tulisan yang daging semua, sedangkan yang berada di halaman belakang biasanya kualitas tulisan sudah agak menurun.  

Tulisan Yang Natural Dan Lengkap

Selain keyword yang tepat,kita juga perlu tulisan yang friendly yang tidak kaku yang membuat pembaca bosan, sehingga belum sampai paragraf akhir dia sudaah memutuskan mengakhiri bacaannya, malahan tulisan yang kita hidangkan belum selesai. 

Ketika tulisan sudah bisa mengalir dengan sendirinya, tampa diminta pembaca akan sabar membaca sampai akhir paragraf. Hampir setiap pembaca mempunyai banyak pertanyaan, untuk itu mereka menanyakan lewat google, sehingga kita sebagai penulis dituntut agar memberikan informasi yang lengkap agar pertanyaan pembaca bisa terjawab.

Memperhatikan Panjang Artikel

Sebenarnya tolak ukur berapa panjang tulisan yang bagus belum ada penetapan yang pasti. Namun setidaknya 800 kata bisa menjadi acuan dalam menulis, karena tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang mutawasith lah.

Menerapkan Heading Dan Sub Heading

Tujuannya agar tulisan kita bisa terbaca di mesin pencarian. Ada beberapa macam heading , heading biasanya disingkat menjadi H1, H2 sampai dengan H6.

Link Building Pada Artikel

Link Building maksudnya, kita membuat tautan-tautan di dalam blog yang mengarah ke tulisan lain, baik ke blog kita atau blog orang. Gunanya memudahkan pembaca melanjutkan bacaan ke tulisan lain yang masih punya kaitan. Setiap link mempunyai nilai berarti oleh mesin pencarian, semakin tinggi nilainya maka kesempatan bertengger di halaman utama semakin besar.

Mengoptimalkan Gambar Sebelum Publis

Menambahkan gambar disetiap tulisan sangat diperlukan, namun kita tidak boleh asal menambahkan saja, perlu beberapa langkah agar gambar bisa di baca oleh mesin pencarian. Jangan sampai gambar masih bertuliskan angka-angka seperti  IMG_1692148689568 atau Screenshot_20230816_041557_ karena ini akan susah dicerna google. Jangan lupa juga memasukkan Title dan Altnya.

Mempromosikan Kemedia Sosial

Promosi bukan hanya tentang barang, tulisan juga perlu dipromosikan supaya keberadaan kita bisa dianggap. Media sosial sudah banyak sekali, ada facebook, whatsaap, instagram dan lain sebagainya. Untuk itu perlu banget konsisten nulis supaya ada bahan untuk membagikannya ke media sosial yang lain.

Mengakhiri Tulisan Dengan Kesimpulan

Tulisan yang bagus selalu berisi 3 komponen, yaitunya pembukaan, isi dan penutup. Dengan adanya kesimpulan pembaca lebih mudah mengambil poin penting dari tulisan yang sudah kita sajikan. Ketika menulis kesimpulan jangan lupa juga menambahkan keyword disana.

Menggunakan Tema Yang Ramah

Menjadi penulis yang sederhana dari segi penampilan namun dari segi isinya sangat menakjubkan, terlalu neka-neko di pemilihan tema dan animasi membuat blog susah jalan sehingga pembaca akan menunggu lama dan bosan, untuk itu cukup pilih tema dan hiasan yang sederhana dan seperlumya saja.

Menentukan Niche Semenarik Mungkin

Niche seperti spesialis kalau didunia kedokteran, atau jurusan kalau didunia perkuliahan. Untuk itu kita harus menentukan jurusan atau spesialis apa yang akan kita tekuni, karna sangat jarang orang yang bisa menekuni semua bidang.

Manfaat Seo On Page

Menerapkan SEO ditulisan sangat perlu sekali, menulis secara asal-asalan tampa teknik akan berimbas ke pembaca yang datang, jangan heran tidak ada pembaca kalau kita nulis cuma sekedar pelepas hutang. Yuk kenali manfaat SEO.

Manfaat Seo On Page Untuk Blog

Meningkatkan Performa Blog

Ketika teknik SEO sudah diterapkan, pembaca akan berdatangan silih berganti. Semua penulis akan berupaya mencapai halaman utama agar pembacanya tiap hari ada yang singgah. Untuk itu kita perlu menerapkan SEO supaya juga bisa bertengger dihalaman utama, bersaing dengan penulis lainnya.

Menjadi Target Awal Pembaca

Ketika tulisan berada di halaman utama, akan banyak pembaca yang melirik dan mengklik tampa ragu. Semakin berada di urutan awal maka semakin banyak pembaca yang berdatangan

Menambah Pemasukkan

Semakin banyak pembaca, pundi-pundiuang masukpun akan semakin bertambah.

Promosi Jangka Panjang

Selama blog kita masih aktif, tulisan kita akan selalu bertengger dijajaran halaman pencarian. Maka itu akan menjadi salah satu cara mempromosikan blog kita kepembaca.

Kesimpulan

Kalau semakin dikaji, banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan ketika menerapkan SEO On Page ditulisan kita. Bertengger di Page One Pencarian google merupakan keinginan setiap penulis, namun ingat jalannya memang tidak mudah untuk pertama kali, perlu pembiasaan dan ketekunan.

 

 

Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.