shodiqah.com

Biaya Murah Periksa Mata Di Rumah Sakit Mesir

 

Kacamata sudah menjadi sahabatku sejak 2016, ketika duduk dibangku kelas 2 MAN. Saat itu aku tersadar bahwa penglihatan tidak lagi jelas seperti biasanya. Akhirnya memutuskan untuk periksa mata ke Optik Mulia Lubuk Alung, oh ternyata mataku sudah minus satu. Penyebab mata minus  tidak diketahui, mungkin karena sering nonton atau rajin membaca haha. Apapun itu aku selalu bersyukur, karena Allah sudah menitipkan nikmat untuk melihat dunia dan seisinya. Sampai di Mesir ternyata aku juga mengganti kacamata dan ini sebagai pengalaman pertamaku, mengganti kacamata di negara orang. Pas masih di Indonesia aku sempat bingung cara periksa mata dan membeli kacamata baru, ternyata setelah mengalaminya langsung tidak sesulit yang dibayangkan. untuk itu jangan cemas. 

beli kaca mata di mesir
Hari Raya Idul Fitri 2023

Sudah berapa kali ganti kacamata?

Tidak terhitung sudah berapa kalinya, mungkin sepuluh kali bahkan lebih. Alasan gantinya bermacam-macam, kadang hilang, patah atau karena sudah bosan modelnya.  

Hidup tampa kacamata sangat hampa bagiku, kacamata yang dari min satu sampai min empat sudah bertengger di hidung pesek selama delapan tahun, Alhamdulillah ala kulli hal. Kalau ada rezeki lebih aku selalu nabung untuk biaya operasi lasik, karena biaya dimesir sangat murah dibandingkan di Indonesia. Sudah banyak mahasiswa Indonesia yang operasi lasik disini.

Kacamata hilang disaat mengikuti lomba

Perlombaan baca kitab kuning lumayan sering aku ikuti, dari tingkat Pesantren sampai tingkat Nasional. Ketika ikut lomba tingkat Nasional di Jepara Jawa Tengah, aku kehilangan kacamata karena lupa meletakkannya dimana. Semua sudut kamar sudah ditelusuri, koper baju untuk sepuluh hari semua isinya sudah keluar, namun masih tidak ditemukan dimana keberadaan kacamata penyempurna kehidupanku.

Satu hari berlalu, temanku menemukan kacamata dikamar mandi paling ujung, ternyata aku tidak masuk kesana. Kamar mandi di Pesantren Raudhatul Mubtadiin Balekambang, memang terhitung banyak, lantaran muridnya sudah puluhan ribu, jadi sangat wajarkan aku tidak mancari disemua kamar mandi disana.

Pas penampilan lomba aku tidak pakai kacamata, namun ada rasa syukur karena juri tidak begitu jelas, sehingga rasa gugup berkurang dan aku bisa menjawab pertanyaan juri dengan baik. Pokoknya semua dikehidupan yang kita jalani akan selalu ada hikmahnya yang dititipkan Allah, untuk itu tidak boleh berburuk sangka kepada Allah di semua keadaan, baik senang ataupun susah. Sabar selalu menjadi benteng utama menjalani hidup.

Periksa mata dan mengganti kacamata di Mesir

Melangkahkan kaki masuk ke Rumah Sakit Fatimiyah Gamalia, awalnya sangat berat karena ini pertama kalinya masuk ke rumah sakit, sebelumnya cuma melihat bangunan yang berdiri kokoh itu ketika perjalanan kekuliah atau ketempat tahfizh. Nah sekarang aku masuk sendirian, bermodalkan tekad dan bahasa ammiyyah (Bahasa Penduduk Asli Mesir) seadanya, alias tidak lancar.

Pertama masuk pintu aku melihat antrian yang cukup panjang, orang-orang antri untuk pengambilan nomor masuk untuk periksa berbagai penyakit. Saat itu aku pulang dari tempat Tahfizh jam 08.30 langsung ke rumah sakit.

Awalnya aku sangat bingung dengan prosedur pengambilan nomor, agar tidak terlalu lama kebingungan, akupun memberanikan diri untuk menanyakan ke Ammu (Paman)  Satpam, beliaupun mengarahkanku cara pengambilan nomor setelah itu beliau juga menunjukkan ruangan dokter yang akan aku masuki. Intinya dimanapun kita berada, jangan malu untuk bertanya!  

Alhamdulillah dapat antrian nomor enam, sebelum zuhur urusan semua pemeriksaan sudah kelar.

Biaya dan Berkas yang diperlukan

Untuk berkas cuma perlu menyiapkan iqamah asli dan uang sejumlah 30 Pound setara dengan Rp.15.000. sedangkan membuat kacamatanya perlu uang sebesar 500 Pound sekitar Rp.250.000. Kita bisa beli kacamata di optik yang sudah disediakan rumah sakit atau juga boleh dioptik luar. Biaya disini termasuk murah, karena mata uang kita lebih besar dua kali lipat dibandingkan mata uang disini.  

berkas yang perlu disiapkan untuk periksa mata dimesir
Visa dan Formulir Pendaftaran

hasil periksa mata dimesir
Hasil Periksa Mata

Cara periksa mata di Mesir

Periksa mata di Mesir dengan di Indonesia agak berbeda, karena kalau di Indonesia biasanya pakai huruf abjad sedangkan di Mesir pakai gambar lingkaran tidak penuh kadang juga makai gambar huruf E yang dibalik-balik arahnya.

metode periksa mata dimesir

Ternyata ada beberapa cara yang dipakai ahli medis untuk memeriksa mata minus pasien, diantaranya:

Landolt chart:

Landolt chart berupa deret lambang berbentuk lingkaran dengan bagian yang hilang. Pasien menginterpretasikan arah dari bagian lingkaran yang hilang. Alat ini biasanya digunakan pada pasien baik anak maupun dewasa yang kesulitan untuk membaca huruf.

Snellen chart:

Snellen chart/bagan Snellen berupa deret huruf untuk pasien yang memiliki kemampuan membaca dan tidak buta huruf.

E Chart:

E chart berupa deret lambang “E” dengan arah yang berbeda-beda yang digunakan untuk pasien dewasa atau anak yang tidak memiliki kemampuan membaca (buta huruf). Hal ini hampir serupa dengan Landolt chart dimana prinsip yang utama adalah membaca lambang “E” dan menentukan arah dari “E” tersebut.

Bagan LogMar:

Bagan LogMar adalah deret lambang yang setiap baris memiliki 5 huruf dengan jeda antar baris dan huruf sama. Berbeda dengan bagan Snellen, setiap baris deret huruf akan semakin menyempit sesuai dengan logaritma sudut minimum sehingga membentuk piramida terbalik.

Sumber: Alomedika

Penutup

Cerita pengalaman melangkahkan kaki ke rumah sakit sendiri, dan mengurus pendaftaran sendiri. Pengalaman mengasah kemandirian dan keberanian. Tidak selalu orang bisa mendampingi kita kemana pergi. Mencoba hal baru sendiri sangat dibutuhkan. Dimanapun berada jangan malu untuk bertanya. Besok kita kemana lagi ya? Semoga kemanapun kita pergi dan dimanapun kita berada, selalu dijaga Allah.

 

 

Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.