shodiqah.com

Cara Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain-Dewaweb

 

Kairo sekarang berada dipuncak musim panas, suhu 42 derajat sukses membuat mandi keringat. Kegiatan diluar rumah yang sangat padat, namun suhu yang tinggi tidak boleh menghalangi untuk aktivitas diluar rumah. Kamis adalah hari tersibuk bagiku, karena kegiatan dari jam 17.00  sampai jam 24.00 yang mengharuskan untuk duduk dimajlis ilmu berjam-jam.

Kegiatan kelas Blogspedia bertepatan di jam 17.00, Coach Marita sudah menyapa para peserta agar bisa ikut berdiskusi, namun apalah daya badan cuma satu dan tidak bisa dibagi, mohon maaf ya Coach. Kelas kamis kemaren bertemakan “Saatnya Go Profesional dengan Top Level Domain"

cara mengganti domain bawaan Blogspot Ke Domain Custom di Dewaweb

Alasan dan Harapan Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain 

Jujur sebenarnya untuk alasan paling kuat karena ada tugas kelas dari Blogspedia coaching, yang mengharuskan semua peserta untuk membeli dan memasang sendiri Domain yang sudah dibeli. Namun dibalik itu aku juga mempunyai harapan, semoga kedepannya makin rajin menulis, karena kasihankan ya sudah dibeli tapi dianggurin saja, semoga Blog yang sudah berdomain ini bisa dilirik oleh Investor dan diajak kerjasama. Ya Rabb  

Custom Domain Di Dewa Web

Ada banyak situs online yang menyediakan domain, seperti Rumahweb, Niagahoster, dan Dewaweb. Untuk pembelian pertama ini aku jatuh hati pada Dewaweb, karena harganya lumayan murah dan pemasangannya juga tidak terlalu ribet.

Perkataan dari Coach Marita “Blog kita laksana rumah, alamat rumah disebut Domain, lahannya disebut Hosting, berbahagialah pemilik Blogspot kerena lahannya gratis”.

Sebelum memasang Domain, tentu kita perlu membeli dulu. Domain yang sudah ada pemiliknya, kita tidak bisa memilikinya juga. Satu Domain hanya bisa untuk satu orang, untuk itu kita perlu hati-hati memilih nama, seperti orangtua mencarikan nama untuk anaknya. Perlu pikir panjang dan diiringi doa, supaya berkah tentunya. Syukurnya nama yang pengenku sematkan diblog belum bertuan, jadi aku bisa memilikinya.  

beli domain di dewa web

Tutorial Mengganti Domain Bawaan Blogspot Jadi Custom Domain

Memasang domain sendiri adalah tantangan terbaru bagiku, mengulik sana sini, keluar masuk blog entah berapa kali. Alhamdulillah berhasil juga terpasang walaupun banyak drama. Tutorial memasang Domain bisa juga dilihat diblognya Coach Marita dan di Website DewawebLangkah-langkah memasang Domain Di Dewaweb:

1. Login ke akun Blogger dan klik pada menu Settings.

masuk ke akun Blog

2. Geser ke bawah dan klik menu Custom Domain.

memasang kustom Domain

3. Ketikkan nama domain yang ingin digunakan untuk situs Blogger

4. Kamu akan melihat notifikasi yang berisi records CNAME yang perlu kamu atur di domain registrar. Salin pesan ini dan simpan di Notepad atau aplikasi teks lain.

CNAME RECORD

5. Login ke Client Area Dewaweb dengan akun kamu dan buka menu Manage Domains atau Kelola Domain.

Client Area Dewaweb

6. Buka menu Nameservers dan pastikan bahwa pengaturan nameserver kamu terlihat seperti di bawah ini.

Nameservers kustom

7. Pilih menu DNS Management, kemudian klik tombol UPDATE jika notifikasi muncul.

DNS management

8. Kemudian, klik Add New Record dan buat buat A record dengan rincian sebagai berikut:

Domain name = (kosong)

TTL = 14400

Record Type = A

Hostname = 216.239.32.21

memasang domain sendiri

9. Buat dua CNAME record yang berisi informasi yang ada di pesan error dari Blogger. Di contoh ini, kami menggunakan informasi berikut:

Domain name = www

TTL = 14400

Record Type = CNAME

Hostname = ghs.google.com

kamu sudah punya domain

dan

Domain name = x7zwciuzhck3 (sesuaikan dengan pesan error dari Blogger)

TTL = 14400

Record Type = CNAME

Hostname = gv-zjma27pnkuhill.dv.googlehosted.com (sesuaikan dengan pesan error dari Blogger)

pasang domain pertama kali

10. Tunggu periode propagasi DNS selama 1-24 jam, lalu ulangi proses penghubungan custom domain di Blogger.

11. Setelah domain berhasil tersimpan di Blogger/Blogspot, aktifkan pengaturan redirect

2023 ganti domain kustom

12. Jika kamu sudah mengonfigurasi SSL/TLS untuk domain tersebut, kamu juga dapat mengaktifkan pengaturannya di Blogger.edirect domain seperti di bawah ini.

domain sudah terpasang

Cerita dibalik pembelian Domain

Dimesir aku tidak punya Aplikasi untuk Pembayaran, walhasil aku menanyakan kesetiap grub yang isinya perempuan, berharap diantara puluhan Mahasiswi ada yang punya. Akhirnya temanku Suci yang berasal dari Kalimantan Barat dia punya Aplikasi Bank Jago. Jadinya aku nanti ngasih kedia Pound (mata uang Mesir).

Kendala ketika pemasangan Domain

Kendalanya banyak banget malahan, namun jangan kuatir karena ada CS yang siap membantu dan mengarahkan sampai selesai. Intinya jangan panikan dan harus sabar menunggu, karena hasilnya tidak langsung jadi. Dari pembelian sampai selesai pemasangan aku butuh waktu sekitar 6 jam, malahan juga ada yang harus menunggu sampai seharian. Jadi perlu kesabaran yang tinggi, jangan lupa siapkan makanan dan minuman disamping kanan, karena akan menghabiskan tenaga dan kesabaran.

Perasaan ketika menyelesaikan Pemasangan Domain

Pastinya ada rasa haru, senang dan syukur yang timbul. Haru karena telah melewati penantian propagasi yang lama. Rasa senang ketika melihat nama yang disematkan di Domain sendiri. Rasa Syukur kepada Allah dan terimakasih kepada semua Coach, masih belum menyangka ternyata aku sudah banyak melewati tugas demi tugas di kelas Blogspedia,  hingga aku bisa sampai ketahap yang paling rumit diantara semua tugas yang telah aku selesaikan.

Jadwal dan rutinitas harianku selalu padat, namun waktu untuk membaca, memahami dan mengerjakan tugas di kelas Blogspedia akan selalu ada. Seringnya aku mengerjakan tugas selesai sholat maghrib sampai lewat tengah malam. Semoga dengan terpasangnya Domain ini aku bisa tambah rajin lagi membaca biar banyak ide yang akan ditulis. Membacalah sebab bertambahnya ilmu dan maklumat-maklumat penting, setelah mendapatkan maklumat baru kita bisa menuangkannya kebentuk tulisan. 



4 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.

  1. Masyaa allah usahanya mbak febby. Pasti deg degan saat mau bayar,karena mesti cari dulu siapa mau bantu pinjam aplikasi pembayaran

    BalasHapus
  2. Ternyata drama pemasangan domain nggak hanya saya yg ngalamin ya mbak.

    BalasHapus
  3. Drama tugas kali ini berhasil buat kita harus saat berhasil memasang domain ya kak

    BalasHapus
  4. Jadi cerita tersendiri ya, mbak perjuangan pasang TLD. Alhamdulillah sudah berhasil. Yuk makin semangat blogging 🔥

    BalasHapus