shodiqah.com

Menyempurnakan Tampilan Blog Menggunakan Aplikasi Canva

 

Semakin dewasa semakin banyak hal baru yang dipelajari. Aku termasuk orang yang sangat cuek dengan hal yang berbau keestetikkan, seringnya mengabadikan foto asal cekrek tampa melihat sudut keindahan. Namun sekarang setelah melihat karya orang lain, ada rasa iri yang terbesit dari relung hati yang paling dalam. Pertanyaan “Kenapa orang bisa buat seperti itu ya? Sering banget muncul dipikiran.

Kisah Pertemuanku Dengan Si Canva Yang Keren

belajar nulis diblog dan belajar canva


Ketika masuk kedunia perblogan banyak hal baru yang aku temui, seperti Seo On Page, Keyword dan yang terbaru Desain Grafis. 

Rasa syukur kepada Allah dan ucapan terimakasih kepada para coach pembimbing dikelas Blogspedia, yang telah ikhlas berbagi ilmu, semoga Allah membalas semua kebaikan mereka. 

Dulu hpku cuma dipenuhi aplikasi bawaan pabrik, namun setelah masuk kelas blog aplikasikupun mulai berubah, ada Pinterest, KBBI V Classroom dan Canva. Canva sangat membantuku membuat desain Blog lebih berwarna. Untuk sekarang aku masih makai yang gratisan, semoga esok bisa beli yang premium. Aamiin Ya Rabb.

Canva menemaniku dalam mengembangkan Blog yang lagi aku rintis sekarang, waktu malam masih berkutik dengan fitur-fitur Canva, ketika mendesain dituntut untuk jeli dan sabar. Ketika desain selesai ada rasa puas yang memenuhi relung hati.   

Keyword yang sering aku gunakan yaitu Muslimah, Laptop, Putih dan Belajar. 

Aplikasi Canva

Canva merupakan aplikasi online yang digunakan untuk membuat desain grafis. Desain yang bisa dibuat dengan canva seperti poster, logo, twibbon dan lain sebagainya. Canva salah satu aplikasi yang sangat cocok bagi pemula, lantaran cara pakainya yang mudah dan banyak pilihan template yang tersedia.

Tips Agar Mahir Berselancar Di Aplikasi Canva

Tips ini aku dapatkan dari Mba Fiony, beliau merupakan seorang Kreator Digital, Canva Desainer dan Coaching Desain. Jam terbang Mba Fiony dibidang desain Canva sudah tinggi banget, sering menjadi tamu undangan webinar desain dan sering juga mengadakan kelas desain. Wajib banget bagi pemula untuk menerapkan tips ini. Kamu bisa melihat hasil karyanya di Instagram @canionyy

Diantara Tips Yang Harus Dilakukan Pemula:

tips mahir desain canva


    1. Sering Membuat Ulang Template-template Di Canva

Template yang ada dicanva banyak banget, biar cepat mahir kita bisa membuat ulang apa yang sudah ada, sebagai bentuk perbandingan karya kita dengan karya orang lain. 

    2. Sering lihat video tutor orang lain.

Menonton video tutor lewat Youtube sangat membantu pemula agar lebih jelas step by step cara mendesain, karena langkah yang diajarkan yang berurutan dan lebih jelas, dibandingkan tutor cuma lewat tulisan. 

    3. Banyak Latihan.

Dikelas Blogspedia Coach Hamim juga sangat menekankan pesan ini, kalau pengen mahir mendesain dengan Canva khususnya, harus rajin latihan dan mengotak-atik template. Kemampuan tidak akan bertambah kalau malas latihan.

Banyak hal yang akan muncul kalau sudah bisa menaklukkan Canva, diantaranya menghasilkan cuan, info ini aku dapatkan masih dari Mba Fiony. 

Cara-cara menghasilkan uang dari Canva: 

    1. Canva Creator

Caranya kamu buat desain sendiri jadikan template, lalu dipublish di Canva dan bisa digunakan oleh orang diseluruh dunia. Kalau pengen jadi Canva Creator harus daftar dulu ya. 

    2. Canva Contributor

Caranya kamu membuat elemen seperti foto, video, atau sticker gift. 

    3. Open Jasa Desain

Kita dituntut harus punya skill mendesain tampa pakai template yang sudah ada di aplikasi Canva, dituntut untuk kreatif dengan ide sendiri. 

    4. Jasa Coaching Desain

Menjadi tamu undangan sebagai pembicara Canva Designer di webinar-webinar, baik yang diselenggarakan oleh kampus atau perusahaan dan bisa juga membuka kelas pribadi. 

    5. Canva Affiliate

Secara garis besar, sistem Affiliate dimana-mana sama, yaitu sebar link biar orang daftar jadi Canva Pro. Kalau orang daftar jadi Canva Pro kita akan mendapatkan komisi. Buat hal ini kita tidak dituntut untuk jago dalam mendesain, karena yang dibutuhkan disini kemampuan menarik orang, agar mau beralih dari akun yang gratisan menjadi akun berbayar.

cara menghasilkan uang dengan canva


Diantara cara menghasilkan uang lewat aplikasi Canva yang sudah dipaparkan, mana nih kelebihanmu? 

5 Fitur Canva Yang Bisa Diandalkan Para Blogger


fitur canva yang wajib dipelajari blogger

Sebagai Blogger kata Coach Hamim kita tidak terlalu dituntut untuk menjadi mahir, karena infografis cuma sebagai pelengkap agar Blog kita tidak monoton dan tidak adanya tanda-tanda kehidupan yang warna-warni.

Kata Coach Hamim Ada 5 Fitur Canva Yang Bisa Diandalkan Para Blogger. 

  •      Desain

Ketika membuka menu template di Canva aku menemukan kata “ Tak perlu cari ilham kalau pakai Canva” memang benar banget, karna kita bisa mengotak-atik template yang sudah disediakan, jalan ninja banget bagi pemula mah. Hasil karya Canva Creator banyak banget dan sangat kece, jadi kita tidak perlu mikir awal desainnya. 

  •      Elemen

Elemen di Canva banyak yang unik dan gemesin, sampai-sampai rasa pengen nempelin semuanya di desain, tapi nggak mungkinkan ya. Supaya mendapatkan elemen yang bagus dan banyak, kita harus pakai kata kunci, untuk itu wajib banget rajin mengulik-ngulik elemen yang ada dicanva. 

  •      Text

Banyak orang yang tidak tahu, bahwa di fitur text ada banyak fitur lainnya. Dengan modal font saja kita juga bisa berkreasi, intinya harus kreatif dan rajin ngulik. 

  • Upload Atau Galeri

Kedua fitur ini memiliki fungsi yang sama, hanya saja kalau upload bisa menyimpan video atau foto yang kita masukkan ke desain kita, sedangkan galery langsung ke file yang ada di device kita. 

  • Effect

Effect cuma bisa muncul bagi pengguna Canva Pro, untuk pengguna Canva Free sabar ya, untuk itu harus cepat-cepat beralih. Effect akan membuat foto yang dimasukkan kedesain menjadi lebih berbeda dari biasanya.

Jika lima fitur ini yang didalami dan dikuasai seorang Blogger, maka Blognya lebih kelihatan Profesional dan desain-desain yang disajikan kelihatan lebih indah. Pengetahuan dasar tentang Canva yang disampaikan Coach Hamim sangat berdampak besar bagi desainku. Biasanya cuma nempel-nempel sesuka hati, sekarang lebih terarah karena juga bertujuan agar orang lain nyaman dan suka ketika melihatkarya sendiri. kuncinya sering latihan, pesan yang sangat ditekankan oleh Coach Hamim. 

Ketika belajar bersama Coach Hamim, banyak hal baru yang wajib aku terapkan untuk desain blog mendatang, memang ribet pas awalnya. 

Memang benar adanya ketika mempelajari suatu ilmu harus ada guru yang membimbing agar jalannya bisa cepat dan tepat. karena guru mengajarkan ilmu secara bertahap dan berurutan, makanya kita bisa lebih cepat mengerti. 

Terimakasih Coach. 

Blog Coach Hamim sangat wajib dikunjungi, karena banyak banget informasi yang akan didapatkan disana, apalagi tentang Aplikasi Canva. 

Yok Mampir!

Hamimeha | Ruang Berbagi & Bercerita

Penutup

Untuk menjadi seorang Blogger yang Profesional, banyak hal yang harus dipelajari. Dahulunya bodo amat dengan penampilan Blog, sekarang mata terbelalak karena melihat karya Blogger lain yang kece habis. “Emak-emak aja punya semangat belajar yang tinggi sambil momong anaknya, masak iya masih gadis mau kalah” kata diri dikala semangat nulis di Blog lagi down. Semangat!!!

 

 

 

 

9 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.

  1. Hihihi aku ngikik baca endingnya. Emak2 zaman now ugal2an klo belajar sekarang. Semangat mbak shodiqah

    BalasHapus
  2. Artikelnya nyaris sempurna dg breif penugasan. Aku belum menemukan fitur dan keyword apa yang sering dipakai selama ini..
    Jangan anti anti ya nanti bucin hehehe..

    BalasHapus
  3. Wah pengalamannya keren sekali mbak :D udah familiar sekali dengan canva ya.

    BalasHapus
  4. Penutupnya membuatku tergugah haha

    BalasHapus
  5. Keren kak. Memang banyak yang dipelajari ya setelah nyemplung ke blog. Tantangan tersendiri lagi saat pakai Canva buat mempercantik blog

    BalasHapus
  6. Keren nih artikelnya dan pengalamannya juga.
    Cara mendapat cuan dari canva, dibahas lagi dong mbak ... yg lebih detail.

    BalasHapus
  7. Baru tahu kalau canva bisa menghasilkan cuan juga nih, Thanks kak Febby. Next, mau coba caranya xixi❤

    BalasHapus
  8. Keren pengalamnya terima kasih sudah berbagi ya mbak

    BalasHapus