shodiqah.com

Artikel Cepat Terindex dengan Google News


Materi dipenghujung kelas blogspedia coaching membahas tentang, Bagaimana trafic blog bisa naik. Sebelumnya kita sudah kenalan dengan Googel Analaytics dan Google Consule. Sekarang saatnya kita kenalan dengan fitur google yang jiha tidak kalah penting yaitunya Goole News.

Pengertian Google News

Sesuai dengan namanya google news adalah suatu layanan google yang fokus dalam memberikan konten berita berbagai website dan blog diseluruh penjuru dunia termasuk Indonesia.

pengertian Google news

 

Setiap pemilik akun web dan blog berlomba-lomba agar tulisannya bisa dimuat di Google News, sehingga ruang lingkup pembacanya bisa lebih banyak hingga mendapatkan trafik yang tinggi. Sebagai pengguna biasa yang sekedar menambah wawasan bacaan, tidak diwajibkan untuk login supaya bisa menikmatinya.

Namun keuntungan kalau menggunakan akun google kita bisa mengaksesnya, maka kita akan disajikan dengan personalized kontent yang artinya kita akan mendapatkan berita sesuai yang kita minati, bukan sekedar seliweran berita yang antah barantah tidak sesuai dengan nichenya kita.

Google News juga mempunyai keunggulan yaitu mampu memberikan kemudahan bagi para penggunanya dalam memperoleh berita, baik berdasarkan lokasi, topik, ataupun sumber berita. Sehingga tampilan di Google News berisikan sesuatu hal yang memang kita sukai. Jika pencinta bola, maka berandanya akan dipenuhi seputar itu tidak akan bercampur dengan konten masak memasak.

Bagi yang memiliki blog akan memperoleh tempat di google news jika mampu menggunakan fitur ini dengan baik.
Bukan sekedar itu, Google News sangat berguna bagi seorang yang mempunyai web ataupun blog. Google News tidak hanya bisa diisi oleh media online terkenal saja, kamu sebagai pemilik blog juga bisa mendaftar disana, itu artinya artikel yang kita tulis juga bisa menjadi salah satu berita utama, bila masuk kategori layak dan mempunyai tampilan menarik yang cocok untuk disebarluaskan.

Manfaat Mendaftar Google News


manfaat google news buat blogger


Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan bagi orang yang mempunyai blog dan web kalau mendaftar di Goggle News, dikutip dari IDMETAFORA.
Google News mampu memberikan banyak manfaat untuk para pemilik blog saat berhasil menjadi bagian layanan ini.

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Pencari Google

Jika tulisan yang kita muat di blog sudah termasuk kategori bagus dan mempunyai ciri khas sebagai pembeda dengan tulisan orang lain, maka Google News tidak akan segan memposisikan tulisan kita keberanda utama.

Selain menulis dengan kaidah SEO yang benar supaya bisa berada di halaman awal, Google News juga sebagai langkah agar tulisan yang kita muat berada di halaman awal.

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung

Semakin mudah konten kita untuk ditemukan pengunjung, maka akan semakin besar juga peluang blog untuk ditemukan. Selain itu bisa dipastikan bahwa pengunjung datang dari traffic yang berkualitas.

Karena adanya peran penting bernama personalized content. Setiap pengguna yang mengunjungi blog kita akan merasa senang bahwa topik yang kita sajikan mempunyai relevansi yang tepat dengan apa yang mereka perlukan.

3. Media Branding yang Efektif

Jika blog kita mampu menyuguhkan konten yang baik, maka dampaknya juga akan positif, selain akan mendapatkan pengunjung yang loyal dengan blog, kita juga akan dinilai sangat ahli pada bidang tersebut. Sehingga hal tersebut akan membantu kita dalam meningkatkan brand website dan blog.

4. Berpeluang Mendapatkan Banyak Backlink

Backlink adalah suatu link di website lain yang mengarah langsung ke website kita, sebagai seorang blogger, kita sudah paham bahwa backlink mempunyai peran yang penting dalam meningkatkan kredibilitas blog. Untuk itu semakin banyak nya jumlah backlink yang kita peroleh maka akan semakin terpercaya juga blog yang lagi kita kelola.

5. Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya Untuk Iklan

Suatu hal yang wajar jika kita ingin menggunakan iklan untuk mempromosikan blog, namun bila kita mampu memiliki tampilan hasil yang sama tanpa harus mengeluarkan uang tertentu, akan lebih sangat bagus karena akan menghemat biaya yang akan kita keluarkan.

Google News sendiri merupakan fitur gratis yang disediakan Google, untuk itu sangat bagus kalau kita gunakan dengan baik.
Google News memiliki potensi untuk organic trafic ke blog.

Organic traffic adalah suatu kunjungan yang berasal dari pencarian dan kita terbebas dari mengeluarkan uang sedikitpun.

Syarat Daftar Google News

Walaupun Google News adalah platform gratis yang dapat diakses oleh semua orang, namun untuk dapat menerbitkan konten di platform ini kamu harus memenuhi syarat-syarat pendaftaran terlebih dahulu, antara lain:

1. Mempunyai Blog Terupdate Yang Satu Jenis

Pihak Google akan menerima proses pendaftaran setelah memastikan bahwa blog kita sesuai dengan tujuan dari Google News itu sendiri, yaitu memberikan berita terbaru dan berkualitas.

Mempunyai satu fokus Niche sangat lebih dianjurkan, agar Google News lebih mudah mendeteksi tulisan kita disaat menampilkannya di beranda teratas.
Saat itulah pengunjung puas karena berandanya saling berkesinambungan angtara artikel.

2. Pastikan URL Unik dan Tidak Berubah

Mesin crawl Google yang berfungsi mendeteksi konten berita tidak dapat bekerja dengan baik apabila URL website selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, pihak Google News telah menyatakan bahwa jika URL konten kamu selalu berubah, maka Google tidak akan menerima website blog kamu.

Cara Mendaftar di Google News

cara daftar google news untuk blog
Langkah untuk mendaftar terbilang cukup singkat, namun untuk diterima pengajuan kita sama Google yang membuat kesabaran kita harus ditingkatkan lagi. Karena setiap orang berbeda, ada yang dalam waktu kurang satu minggu sudah di terima dan ada juga sampai berminggu-minggu.
Membuat Akun

1. Buka link Google News

publishercenter.google.com

Silahkan Isikan URL dengan nama blog yang akan kita daftarkan.
Lalu isi biodata yang sesuai 

2. Lengkapi Explore Product

Pilih bagian Google News, lalu klik Open. Akan muncul pop-up, Edit dan isi Basic Information sesuai dengan blog. Isi kategorinya dan pilih Niche blog yang paling sesuai dengan tulisan yang kita muat diblog.

3. Menambahkan Logo

Ukuran yang dibutuhkan adalah
1. square
2. Rectangle dengan komposisi 10:1 latar terang
3. Rectangle dengan komposisi 10:1 latar gelap

4. Tambahkan Section

Pilih feed pada bagian Section. Lalu akan muncul isian rinci tentang sitenya, dan RSSnya. Isikan RSS dengan tulisan
https://namadomain.com/feeds/posts/default?alt=rss.

5. Review dan Publish

Review dan Publish. Jika ada hal yang masih belum lengkap maka sistem akan mendeteksi. Klik Review. Setelah itu diarahkan pada bagian mana yang perlu direvisi. 
Jika sudah selesai lanjutkan dengan menyetujui bagian Term of Service. 
Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama, email, tittle, dan organisasi. Klik checklist.







1 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.