shodiqah.com

Berapa biaya hidup di Mesir?

    Sekarang kita coba bicara masalah BIAYA. Berapa sih biaya yang dihabiskan bagi seorang mahasiwa Al-Azhar?


    Saya menginjakkan kaki di Azhar pada bulan Januari tahun 2022, tampa jalur beasiswa apapun. Disini saya akan membahas berapakah biaya yang akan di keluarkan dalam perbulan dan ini murni tentang keuangan saya sendiri. 

    Sebenarnya tergantung pribadi masing-masing sih,apakah ia termasuk orang yang hemat dalam membelanjakan uang atau sebaliknya. Dan aku tipe orang yang kadang hemat banget kadang ya boros sekali. 

1.  Sewa rumah dan air.
Karena disini kita pendatang,kita butuh yang namanya tempat tinggal tentunya. Satu rumah diisi 9 orang dengan 3 kamar tidur,1 kamar mandi dan 1 dapur.
untuk biayanya kami perkepala membayar sekitar 450 LE. Kalau dirupiahkan sekitar 354 Rupiah. Ini perbulan ya.
Sewa air dan rumah sekaligus pembayarannya. Biasanya pembayaran paling lambat tgl 10 setiap bulannya. Nanti Baba yang punya rumah ngambil sendiri tampa susah payah kita kerumah beliaunya.

2. Uang Listrik.
bervariasi setiap bulannya. kadang naik dan kadang turun. kalau dimusim panas naiknya karna kita biasanya menggunakan kipas angin. Sedangkan di musim dingin, karna pemakaian pemanas ruangan dan alat memasak air(sakhonah).
Untuk sekarang biayanya sekitar 207 Le. Maka itu dibagi sembilan orang. Jadi jatah perorang membayar 23 Le. Kalau dirupiahkan sekitar 18 Ribu.

3. Uang wifi
Kuota cenderung sangat mahal disini,biasanya kuota dipakai pas diluar rumah aja. Untuk kuota pergiganya 15 Le kalau dirupiahkan sekitar 12 Ribu. 
Untuk wifi kita perbulan perorang membayar 100 Le kalau dirupiahkan sekitar 79 ribu.

Kenapa pakai wifi?
Biar hemat tentunya,karna kita juga sangat sering mendowload file-file besar.Seperti: rekaman suara atau video,pdf kitab dan lain sebagainya.


biaya hidup kuliah dimesir



4. Uang Perdapuran
Kalau kami masaknya gantian,untuk bahan-bahan lauk di tanggung sendiri. Tapi kita wajib ngumpulin uang untuk beli beras,gas dan lain sebagainya.
Perbulan kita diminta sekitar 80 Le an sekitar 63 ribu. 
Tergantung harga beras sih,kadang naik kadang juga turun.

Gimana?
Tergolong murah bukan?

Mungkin itu dulu ya informasi dari saya. Intinya setiap orang keadaannya berbeda. Tapi nggak terlalu jauh kok. Tergantung bagaimana ia mengelola keuangannya dan tergantung dimana ia bertempat tinggal. Disini saya juga membahas biaya yang pokok saja dan yang memang pembayaran wajib setiap bulannya.

Kalau ada pertanyaan,silahkan ajukan di kolom komentar.

Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.