shodiqah.com

Kedatangan Habib Umar Ke Indonesia 2023

 

habib umar idolaku
Instagram Habib Omar

Media masa indonesia lagi dipenuhi berita kedatangan seorang ulama yang sangat terkenal, yang berasal dari tarim yaman, kedatangan beliau sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta di tanah air, semua kalangan berbondong-bondong datang, baik dari kalangan ulama, artis hingga politikus indonesia, siapa lagi kalau bukan Sayyidil Habib Umar Bin Hafizh, seorang yang mengalir di tubuhnya darah  Baginda Rasulullah SAW, penyambung dakwah islam, yang mana murid beliau sudah tersebar di hampir seluruh penjuru dunia. Antusias masyarakat indonesia sangat tinggi sekali, mereka keluar rumah demi bertemu sang kekasih, tidak tahu jarak langkah yang mereka tempuh, ada yang menyebrangi lautan dengan kapal, hingga naik sepeda untuk menempuh jarak yang jauh, semata-mata ingin bertemu sang idola. Majlis yang Habib hadiri penuh dengan lautan manusia, bumi indonesia sedang mendapatkan rahmat Allah SWT, silih berganti ulama sepuh datang ke Indonesia,  baik dari Mesir, Syam maupun Yaman. Saat ini indonesia lagi kedatangan Habib Umar Bin Hafiz.

Biografi Habib Umar Bin Hafizh

Nama                             : Umar Bin Hafizh
Lahir                              : Tarim, 4 Muharam 1383 H / 27 Mei 1963 M
Tempat Tinggal             : Tarim, Yaman
Orang Tua                      : Muhammad Bin Salim Bin Hafizh dan Hubabah Zahra Binti                                            Hafizh Bin Abdullah Al-Haddar
Pendiri                            Darul Musthafa dan Daruzzahra di Tarim

                                          Majelis Al-Muwasholah Bayna Ulama Al-Muslimin di Indonesia

Kitab Karangan               : Dhiyaul Lami’, Dzakiratul Musyarrafah, Khulasah Madad An-Nabawi dan lain sebagainya.

Makanan Kesukaan         : Lakhom

Pola Asuh Seorang Habib Umar

Beliau terlahir dari keluarga yang sangat mengedepankan aturan-atura agama, dari kecil sudah dididik untuk menjadi pendakwah. Ayah beliau seorang ulama besar ditarim, dengan didikan beliaulah tumbuhnya Habib Umar yang kita lihat sekarang.

Diumur 3 tahun, sang ayah sudah membawa Habib Umar ketempat majlis ilmu, disaat beliau sudah mulai bosan di tempat kajian, sang ayah akan memberinya makanan yang digemari anak-anak seperti coklat ataupun permen, itulah sebabnya beliau sangat suka ke majlis, karena akan mendapatkan makanan kesukaannya. Begitulah ayahnya mengakali agar sang anak cinta dengan majlis, walaupun yang awalnya diiming-iming dengan sesuatu yang ia sukai.

Kerap ditemukan kedua orang tuanya, sepulang Habib Umar dari tempat kajian, beliau akan menirukan apa yang dilihat ketika di sana, seperti mengambil botol, benang ataupun tali dan menyulapnya menjadi mikrofon, naik ketempat tinggi seolah-olah menyampaikan ceramah dikalayak ramai, ya begitulah anak kecil, memperhatikan lingkungan sekitarnya lalu diam-diam akan mengikuti apa yang dia lihat.

Semua barang dirumah akan berserakkan karena ulah beliau, apakah kedua orang tuanya marah? Tentu tidak, malahan timbul rasa bangga dari hati yang dalam, karena mereka sudah berhasil menanamkan rasa cinta kepada Habib Umar yang masih sangat belia.

Habib Muhammad Bin Salim
Habib Muhammad Bin Salim(Ayah Habib Umar)

Pelajaran yang bisa diambil:

  1. Menumbuhkan rasa cinta agama sedari kecil
  2. Ayah sebagai contoh untuk anak-anaknya.
  3. Kekompakkan antara suami dan istri dalam mendidik anak.

Ayah beliau Habib Muhammad mempunyai kebiasaan, mengelilingi masjid yang ada di kota tarim untuk melaksanakan sholat sunah malam, beliau akan berpindah dari satu masjid ke masjid lain di setiap selesai salam, kebiasaan itu setiap hati beliau lakukan, baik dimusim panas ataupun dingin.

habib umar kecil
Instagram Syarifah Sania Mutahar

Ketika Habib Umar berumur 5 tahun, ayahnya sudah membawa beliau menempuh dinginnya malam untuk melaksanakan qiyamul lail di seluruh masjid di tarim. Saat itu sedang musim dingin, musim dingin di tarim termasuk ekstrim sekali, sampai waktu itu bibir Habib Umar kecil terbelah dan mengeluarkan darah, karena sebab itu beliau menangis, pada saat itu Habib Muhammad Al-junaid menghampiri ayah beliau agar membawanya pulang, namun sang ayah menolak dan mengatakan “Dengan bibir itulah nanti, kita akan mendengarkan suara Umar diseluruh masjid di kota tarim ini”.

Itulah niat dan perkataan sang ayah, beliau tahu dengan didikan seperti itulah akan muncul jiwa kesatria dari diri Habib Umar. Keinginan sang ayah terkabul dan malahan lebih dari apa yang beliau inginkan, ternyata suara Habib Umar bukan hanya terdengar di kota tarim, melainkan hampir diseluruh penjuru dunia.

Pelajaran yang bisa diambil:

  1. Agama adalah warisan yang paling mahal.
  2. Pentingnya bangun malam
Memang sudah menjadi kebiasaan orang tarim membangunkan anak sedari kecil, mereka tidak menyuruh anak-anak yang masih kecil untuk beribadah, biar anak anteng, mereka akan menyediakan  makanan kesukaan dan berbagai mainan biar anak betah, setelah itu mereka melanjutkan sholat dan bacaan qur’annya, anak-anak akan melihat dan mendengarkan apa yang sedang orang tua mereka lakukan. 

      3. Malam hari adalah waktu diijabahnya doa

Kehilangan Jejak Sang Ayah

Kota tarim lagi diporak porandakan Komunis yang sebelumnya mereka juga dijajah oleh Inggris, komunis membabat habis para ulama, dengan membuat peraturan yang sangat ketat sampai tak segan membunuhnya.

Komunis membuat peraturan tidak ada yang boleh keluar kota, mereka menerapkan absen setiap hari, untuk mengetahui para ulama tidak meninggalkan kota tarim.

Saat itu hari jum’at bertepatan tanggal 29 Dzulhijjah, beliau Habib Muhammad Bin salim berangkat dengan Habib Umar ke masjid sekitar jam 08.00 pagi, Habib Muhammad lupa belum laporan, sesampai di masjid beliau menitipkan sorban dan kunci ke Habib Umar, sorban ditaruh siatas sajadah agar tempat beliau tidak diambil orang, beliau pergi laporan ke komunis sendirian, sampai sholat jum’at selesai beliau tidak balik lagi. Ketika itu Habib Umar baru berumur 9 tahun, beliau menanyakan keberadaan sang ayah ke semua orang, namun ternyata kabar sang ayah tidak kunjung datang. Wafatnya sang ayah tidak tahu kapan, dimana jasadnya dan bagaimana akhir hayatnya, bertahun-tahun menunggu kabar baik ternyata tidak kunjung datang.

Komunis membunuh sang ayah dengan tujuan agar bumi tarim jauh dari yang namanya agama, namun apa yang mereka inginkan sangat berbanding terbalik dengan keadaan, karena sang ayah sudah menanamkan nilai-nilai agama sedari kecil kepada jiwa Habib Umar. 

Sangat singkat sekali kebersamaan ayah dan anak ini, namun walaupun singkat sang ayah sudah mengkader anak-anaknya dengan sangat amat Masya Allah.  

Amalan Habib Umar

Ketika membaca postingan murid-murid beliau di media sosial, tidak disangka beberapa kali air mataku berjatuhan, karena amalan yang beliau lakukan seperti susah banget diterima akal , sangking  tidak bisanya kita tiru dan lakukan.  

kitab habib umar punyaku

Hidup beliau untuk Allah dan untuk umat islam, istirahatnya kapan? Waktu istirahat adalah ketika duduk di majlis ilmu yang tenang, bagi beliau majlislah tempat healing terbaik dan ketika sudah wafat, kalau sudah wafat tidak ada lagi yang namanya hiruk pikuk kesibukan, begitulah perkataan yang sering kali aku dengar dari kalam-kalam ulama.

Amalan yang beliau lakukan sudah ada dikitab dan juga tersedia di aplikasi hape, tinggal didownload lalu amalkan semampu kita, kalau memang tidak bisa meniru secara keseluruhan.

aplikasi kitab habib

Kedatangan Habib Umar Di Indonesia

Ulama adalah cahayanya dunia, ketika satu orang saja ulama yang wafat, maka berkuranglah cahaya di dunia ini, merekalah lentera penunjuk jalan bagi orang awam seperti kita. Kedatangan beliau ke indonesia untuk menyampaikan syariat agama dan sebagai pelepas rindu para ahbab beliau, dengan kelembutan beliau dalam berdakwah membuat semua kalangan sangat mudah menerima ajakannya, apa yang beliau lakukan tidak lepas dari apa yang di ajarkan kakek beliau yakni Baginda Rasulullah SAW. Berbanggalah kita dengan kedatangan para wali Allah SWT, semoga Allah selalu memberi kedamaian untuk negara kita.

Jadwal beliau diindonesia dari tanggal 19 Agustus sampai dengan 23 Agustus, beliau pindah dari satu provinsi ke provinsi yang lain. Semua majlis yang diadakan gratis tampa biaya sepersenpun, semua majlis beliau penuh dengan lautan manusia, hingga berlimpahan dijalanan.

rihlah dakwah habib umar

Rihlah Dakwah artinya perjalanan dakwah, beliau keluar dari rumah tidak jauh dari dakwah mengembangkan islam, yang biasanya seperti kita, rihlahnya kita ya jalan-jalan, menyusuri sudut dunia untuk menghilangkan beban hidup. Begitulah berbanding terbaliknya kita dengan ulama, bersyukurlah kalau kita hidup masih dikelilingi ulama sebagai jalan ketika tersesat sudah terlalu jauh, karena ulamalah tempat pulang untuk kita mencari kebenaran.

tablogh akbar masjid istiqlal

Pertemuanku Dengan Para Kekasih

Nikmat yang Allah berikan ketika aku dimesir adalah bisa bertemu dengan Ulama-ulama Azhar para masyayekh tercintaku, dan juga bisa bertemu dengan Ulama-ulama dari penjuru dunia.

Memang aku belum ditakdirkan bertemu dengan Habib Umar, tapi Alhamdulillah aku sudah dipertemukan dengan Habib Ali Al-Jufri(menantu Habib Umar) dan Istri tercinta beliau, Hubabah Ummu Salim begitulah panggilan beliau, wanita yang selalu membawa siwak dan tasbih kemana pergi, pertemuan yang menghabiskan air mata yang akan selaluku kenang.

habib ali dan habib umar idolaku
Instagram Habib Ali Al-Jufri

Kesimpulan

Agama adalah warisan termahal dan juga sebagai penolong di akhirat kelak. Anak yang sholeh kebanyakan terbentuk dari orang tua yang sholeh juga. Sebelum mendidik anak, orang tualah yang harus terdidik dahulu, agar mereka bisa mencontoh hal baik yang ada pada diri orang tuanya.

 

6 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.

  1. Masya Allah didikan Sang Ayah sangat luar biasa. Sedih banget sama kisah hilangnya ayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih banget kk, kerena sampai skrgpun jasad beliau tidak ditemukan. namun Allah pasti telah meletakkan beliau ke tempat yg lebih baik

      Hapus
  2. MasyaAllah beneran anak jadi amalan jariyah kalau dididik seperti beliau ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. anak adalah salah satu investasi dunia dan akhirat mba. semoga kita bisa mendidik anak ke jalan Allah ya mba

      Hapus