shodiqah.com

15 Keistimewaan Kota Madinah


Sebagai seorang muslim, cita-cita untuk mendatangi kota madinah merupakan impian yang sangat besar. Bertemu dengan junjungan alam, kekasih Allah, tauladan sepanjang masa, yang mau mengorbankan apapun untuk umatnya.
Salah satu keistimewaan kota Madinah dengan dimakamkannya Baginda Rasul di sana, masih banyak keistimewaan yang lain. Untuk itu aku akan menulis beberapa keistimewaan kota Madinah yang lain.

15 keistimewaan kota madinah
Pinterest

Madinah

Rasulullah berpindah dari mekah ke madinah untuk menyebarkan agama, disana Rasul diterima sangat baik tampa ada perlawanan seperti daerah lain. Ketika Rasul datang bersama rombongan, disambut dengan lantunan syair dan tabuhan rebana. Setiap orang berpacu-pacu agar Rasul menempati rumahnya, sehingga sudah dihias sebegitu indahnya karena akan ditempati manusia yang paling mulia.

Kedatangan Rasul disana merupakan suatu hal yang sangat dinanti-nanti, masyarakat madinah selalu mencari kabar kapan Rasul akan mendatangi mereka. Kerinduanpun bersambut, rasul datang ke madinah pada tahun 622 masehi.

Keistimewaan Kota Madinah

Imam Zarkasyi membuat fasal khusus tentang keistimewaan kota Madinah karena panjang pembahasannya, namun akan aku pilih beberapa saja, diantaranya yaitu:

Masjid pertama dibangun sendiri oleh Rasul

Rasul membangun masjid ketika pindah kesana, dibantu oleh kaum Muhajirin (orang yang sama berangkat dari mekah) dan kaum Anshar (masyarakat asli madinah). Ketika di mekah rasul tidak bisa melakukan apapun, apalagi membangun masjid yang akan menimbulkan kegaduhan yang besar.

Berbanding terbalik dengan di madinah, Rasul sangat dipersilahkan melakukan apapun, Rasul diberi kebebasan dalam mengembangkan islam, dakwah Rasul diterima dengan sangat baik.

Tempat Rasulullah Di Makamkan

Madinah ditakdirkan Allah sebagai tempat peristirahatan terakhir baginda Rasul, tanah yang menjadi mulia karena disana ada Rasulullah.
Ketika Rasulullah wafat alam raya bersedih, manusia hilang arah, sehingga ada sebagian orang yang balik ke agama awal, namun dengan bantuan Khalifah Abu bakar semuanya bisa terkendalikan.

Para sahabat menempatkan Rasul melebihi apapun, cinta kepada Rasul lebih besar dibandingkan kepada diri mereka sendiri. Mengorbankan harta bahkan nyawa agar Rasul selamat, begitulah para sahabat memuliakan Rasul, mereka semua ahli surganya Allah, orang-orang yang sudah dijamin surga, sedangkan kita masih diambang pintu.

Apa pengorbanan yang bisa kita banggakan dihadapan Rasul? 
Sunah nabi banyak yang tidak kita kerjakan, aturan yang dilarang banyak yang dikerjakan. 
Lantas dimana letak bukti kecintaan kita kepadanya?

Doa yang selalu kupanjatkan setiap munajat “ Ya Rasulullah pegang tanganku jangan pernah engkau lepaskan”.
“Ya Allah beri kami rezeki agar bisa berkunjung ke makam Rasulullah”

Foto depan makam Rasulullah
Pinterest


Haram Berburu dan Mencabut Pohon

Ketika di Mekah dan Madinah kita sangat harus menjaga adab, baik kepada sesama manusia ataupun makhluk lain, menjaga sikap dan perbuatan karena bentuk menghormati penduduk disana.

Haram Membawa Tanah dan Batu

Jika kita diberi kesempatan kesana, jangan pernah punya ide untuk bawa batu dan pasir disana ke indonesia ya, nanti dapat dosa hehe. Kasihan batu disana pisah dengan teman-temannya.
Cukup ketika pulang dari sana kita membawa sejumlah ilmu, dan membawa rasa cinta atas kerinduan yang sudah sedikit tersampaikan.

Mendapatkan Pahala Sholat 1000

Jika kita sholat di Masjid Rasul, pahalanya akan berlipat ganda. Pahala yang tidak kita dapatkan di masjid biasa.
Ada 3 mesjid yang istimewa
  • Masjidil Haram
  • Masjid Nabawi
  • Masjidil Al-Aqsa
Semoga Allah memberikan kemenangan untuk saudara kita di Palestina yang sedang melawan Israel la’natullah alaihim.

Mendapatkan Pahala Umrah

Siapa yang sholat di masjid quba’ maka ia akan mendapatkan pahala seperti orang yang umrah.
Disunnahkan pergi ke masjid quba dan sholat disana setiap hari sabtu, karena ada riwayat yang mengatakan seperti itu. Semoga sabtu besok kita dihadiahkan rezeki dari Allah untuk bisa pergi ke mekah dan madinah untuk melaksanakan ibadah.

Lanjut nggak nih membahas tentang keistimewaan kota Madinah?
Lanjutkan yaaa!
Persiapan sebelum kita berkunjung kesana. Ya Rabb, istajib duanaa Ya Allah.

Pahala Tersendiri Bagi Yang Wafat 

Sangking istimewanya kota madinah, siapa yang dimakamkan disana, akan mendapatkan pahala dan mempunyai tempat yang khusus disisi Allah. 
Siapa yang tidak mau bertetangga dengan Rasul? 
Didunia dan di akhirat bertetangga dengan Rasul, seperti sahabat Sayyidina Abu Bakar dan Sayyidina Umar.

اللهم ارزقني شهادة في سبيلك واجعل موتي في بلد رسولك

Adanya Keberkahan Pada Tanaman

Rasul mendoakan keberkahan untuk tanaman yang ada di Madinah.

Tidak Dimasuki Dajal

Ketika kiamat sudah datang, dajal akan menjarah semua sudut bumi, memasuki setiap kota ataupun desa yang terpencil, tidak ada belahan bumi manapun yang tidak ia singgahi. 
Namun untuk kota mekah dan madinah tidak bisa ia singgahi.

Tidak Dimasuki Wabah Taun

Suatu penyakit yang mematikan dan tidak ada obatnya. Wabah yang bisa memasuki seluruh pelosok bumi, namun wabah ini tidak akan masuk ke mekah dan madinah.

Dianjurkan Puasa dan Sedekah

Ketika pergi ke madinah jangan lupa untuk puasa dan bersedekah kepada penduduk asli disana, karena mereka tetangganya Rasul, untuk itu dianjurkan untuk berbuat baik kepada mereka.

Kiblat Sudah Pasti Benar

Masjid yang ada di Indonesia kiblatnya bisa jadi benar bisa jadi salah, namun untuk mesjid nabawi dan quba’ pasti benar, karena Rasullah yang menetapkan makanya tidak ada kejanggalan akan itu.

Disunahkan Mandi

Ketika masuk kekota Madinah disunahkan mandi, seperti ketika masuk mekah. Bentuk memuliakan Rasul dan kota .

Kurma Ajwa

Kurma ajwa merupakan kurma khas madinah, tanaman yang tumbuh subur disana. Dalam hadist “siapa yang merutinkan makan kurma ajwa dipagi hari sebanyak 7 kurma ajwa, maka dihari itu ia akan dilindungi dari racun dan sihir yang akan menimpanya”.

Parfumnya Harum

Parfum ditempat lain memang wangi, namun parfum yang ada di Madinah lebih sangat wangi.

Penutup

Masih banyak keistimewaan yang lain, namun hanya ini yang bisa saya tuliskan. Keistimewaan kota madinah dan mekah tidak diragukan lagi, karena disanalah awal islam dimulai. Dua tempat yang merekam jejak langkah perjalanan Rasul.

Dua kota yang diimpikan setiap muslim untuk dikunjungi, kota yang tidak pernah sepi dari ilmu dan amal. Jika kita kesana akan banyakdijumpai majlis ilmu, dan kita akan lihat orang-orang yang berlomba untuk dalam mendirikan ibadah. Semoga kita bisa berkunjung ke rumah Allah dan makamnya Sayyidina Rasul.
masjid azhar tercinta
Pustaka masjid Azhar


Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.