shodiqah.com

Cara Menghibur Diri Sendiri ala Aku


Setelah melakukan kegiatan yang padat setiap hari, aku akan meluangkan waktu untuk menghibur diri sendiri supaya tidak jenuh. Setiap orang berbeda untuk menghibur diri, namun tujuannya tetap sama.
Rasa lelah merupakan hal yang biasa, kalau lelah sedang menghampiri, maka berhentilah sejenak, cari kegiatan yang lain agar rasa semangat datang lagi.

Menghibur diri sendiri sangat dibutuhkan agar mental dan fikiran sehat dan stabil, kalau mental dan fikiran hancur, semua pekerjaan tidak akan diselesaikan dengan bahagia.

Cara menghibur diri sendiri ala aku

Istirahat Setelah Kelelahan

Sebagai mahasiswi yang aktivitasnya padat, rasa malas dan lelah seringkali menghampiri, itu merupakan hal yang sangat wajar sekali. Namun jangan sampai berlarut-larut, karena sangat disayangkan jika waktu habis tampa ada melakukan hal-hal yang bermanfaat.

Cara Menghibur Diri Sendiri ala Aku

Banyak cara menghibur diri sendiri disaat sudah mulai lelah melakukan aktivitas. Ini beberapa caraku untuk menghibur diri:

Membeli Makan Kesukaan

Melampiaskan kejenuhan pada makanan merupakan kebiasaanku, saat rasa lelah menghampiri, nafsu makanku akan meningkat lebih besar dari biasanya, apakah menurut teman-teman itu merupakan hal yang wajar? 
Apa juga ada teman-teman yang sama sepertiku?

Makanan yang aku beli bukan makanan yang tergolong mahal, seringnya aku beli makanan unik dan makanan yang belum pernahku icipi.

cara menghibur diri sendiri

Jalan Kaki

Jum’at kemaren lagi futur alias malas, untuk menghibur diri sendiri aku pergi berjalan kaki kepasar Atabah, yang biasanya orang naik angkot sedangkan aku milih jalan kaki.

Begitulah caraku menyenangkan diri sendiri, ketika jalan kaki banyak hal yang bisa aku renungkan, seperti melihat anak-anak kecil menjajakan dagangannya, bapak-bapak yang mengeringkan keringat setelah mengangkat barang berat dan lain halnya.
Melihat hal itu semangatku akan timbul lagi, rasa syukur lebih meningkat dan kata-kata keluhan tidak lagi keluar dari lisan.

Saat jalan kaki aku menemukan makanan yang sudah lama tidak dijumpai yaitu pepaya. Buah yang hampir ada disetiap belakang rumah masyarakat dikampungku, tinggal panjat pohon atau pakai galah, pepaya manis sudah bisa diicip.

Namun di mesir pepaya merupakan hal yang langka, saat melihat pepaya jiwa ngidampun datang, akhirnya aku beli deh 1kg seharga Rp.5000 harga segitu mahal tidak?
Pulang-pulang aku membawa 2 kg pisang dan 1 kg pepaya, tangan kanan dan tangan kiri penuh dengan makanan.
Begitulah caraku menghibur diri sendiri.

Belanja Bahan Makanan

Siapa yang tidak suka belanja?
Aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyedihkan, senang karena lemari penuh dengan makanan, sedih karena isi dompet habis.

Belanja bahan makanan merupakan rutinitas satu kali dalam dua bulan, sebelum belanja aku sudah membuat daftar belanjaan, agar sampai di market tidak menghabiskan waktu banyak untuk mikir.
Seringnya aku belanja makanan yang tidak ada didekat warung rumah, kalaupun ada kadang mahal, seperti frozen food dan makanan siap saji.

Aktivitas yang padat membuatku kadang malas masak, untuk itu makanan siap saji sangat wajib ada di dalam kulkas. Namun pastinya akanku batasi, karena makanan seperti itu sangat tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

belanja bahan makanan

Ngeasob di Kafe

Ngeasob merupakan hal yang lumrah dikalangan masyrakat mesir dan kami mahasiswa, ngeasob maksudnya ngejus. Katika sampai dimesir banyak warung jus kita temukan di tepi jalan, harganya sangat murah dan rasa buahnya sangat murni sekali.
Tidak ada yang namanya pemanis dan perasa tambahan, rasa manisnya berasal dari buah yang segar.
Seringkali kafe digunakan sebagai tempat belajar dan kumpulan sesama mahasiswa.

ngejus santai di kafe
Jus Alpukat

Memasak Makanan

Yang sebelumnya beli makanan, nah sekarang membuat makanan. Sampai di Mesirlah aku baru berani yang namanya megang blender, masak gulai, masak bolu dan lain sebagainya.

Banyak hal yang baru bagiku ketika jauh merantau, dulu mau makan ini dan itu tinggal beli atau mintak tolong amak untuk buatkan, sekarang tidak bisa seperti itu lagi. Pengen makan masakan kampung biasanya aku buat sendiri, yang jual ada cuma porsinya dikit dan lumayan mahal.
Setelah makanan masak ada kepuasan tersendiri bagiku, simpel banget bukan caraku menghibur diri sendiri?
gulai telur minang
Gulai Telur

Menonton Drama Kesukaan

Menonton cara menghibur diri tampa perlu mengeluarkan biaya banyak, kita cuma nongki di kamar, sambil menyediakan beberapa cemilan dan tinggal download dramanya, rasa jenuhpun hilang dengan perlahan.

Ziarah Kemakam Auliya

Ziarah merupakan hal yang sangat menyenangkan apalagi kalau ziarahnya jauh diluar kairo. Untuk pergi kesana memang perlu uang dan tenaga lantaran jaraknya juga memakan waktu tiga jam bahkan lebih, tergantung mau kemana tujuan ziarahnya.

Ini salah satu cara menyenangkan diri yang lumayan mengeluarkan uang gede, karena untuk biaya ongkos dan makanan diperjalanan. Namun itu hal yang biasa dan merupakan hal yang sangat aku nantikan.

ziarah Imam Syazili
Ziarah Imam Syazili


Ziarah Imam Bushiri
Ziarah Imam Bushiri

Jalan-jalan Ketempat Wisata

Mengunjungi tempat baru merupakanhal yang sangat aku sukai, jiwa penjelajah akan terhibur dan bangkit dari tidurnya.
Jangan tanya berapa uang akan habis kalau pergi jalan-jalan, tentunya akan banyak pengeluaran. Tapi tenang aja, aku sudah menyisihkan uang yang khusus untuk pergi jalan-jalan. Kalau diajak jalan langsung pergi, selagi tidak bertepatan dengan hal lain yang lebih penting.

Penutup

Jauh dirantau membuatku harus bisa menghibur diri sendiri, menepikan rasa kangen akan keluarga dan rasa kangen akan masakan Amak, semua rasa itu akan aku alihkan kesesuatu kegiatan agar bisa melupakan rasa rindu yang memuncak.

Mempunyai uang simpanan sangat wajib bagiku untuk merealisasikan keinginan menghibur diri sendiri, jika tabungan habis atau dikit untuk menghilangkan kebosanan biasanya aku menghibur diri dengan sesutu yang tidak memerlukan biaya yang banyak.

Seperti pergi ziarah ketempat Sayyidina Husen ataupun sekedar makan fatiroh dan hawasi, dua makanan mesir murah dan mengenyangkan.

Sayangi diri dengan cara yang masih dikategorikan dengan sesuatu yang masih boleh dalam syariat agama, jangan menghibur diri dengan sesuatu yang dilarang. Ingat Allah dimanapun kita berada!








2 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.