shodiqah.com

Rumah Binaan di Mesir | Ruwaq Indonesia


Sesampai dimesir jangan takut sendirian, karena banyak senior yang akan membimbing kita disini. Intinya jangan malu bertanya dan jangan malas meninggalkan kasur empuk untuk mencari informasi.

Salah satu upaya dari senior agar kualitas mahasiswa semakin baik tiap tahunnya, dengan cara mendirikan rumah binaan seperti asrama. Setiap hari kita diatur seperti layaknya santri di pondok, bangun tidur sampai tidur lagi sudah ada aturannya, bagaikan menjadi orang yang sangat produktif menjalani hari-hari.

Rumah Binaan Di Mesir

Rumah binaan baru ada sekitar lima tahun belakang, sedangkan sekarang sudah banyak kita jumpai. Malahan ada beberapa provinsi membuka rumah khusus yang cuma menampung masyarakatnya saja, alias tidak menerima mahasiswa dari provinsi lain.
Setiap rumah binaan mempunyai ciri khas masing-masing, namun tujuannya tetap sama yaitu meningkatkan standar keilmuwan mahasiswa.

Ada yang lebih fokus ke ilmu turats agar bisa lancar membaca kitab kuning, untuk itu disana akan mempelajari ilmu alat seperti mantiq,nahu dan syaraf. Untuk yang ingin fokus ke hafalan Qur’an juga banyak rumah binaan yang bisa kita tempati, tinggal kita yang menentukan kemana ruh dan jasad dibawa.

Sampai di Mesir akan banyak ditemui berbagai macam cabang ilmu, delapan tahun dipesantren ternyata masih banyak cabang ilmu yang belum pernah aku temui, mendengar namanya saja tidak pernah apalagi mempelajarinya.
Namun disini dilangit mesir, dibawah naungan Azhar As-Syarif ilmu itu sudah mulaiku teguk sedikit demi sedikit.

Bergabung Dengan Ruwaq Indonesia

Tahun ajaran 2022-2023 aku memutuskan bergabung dengan Ruwaq Indonesia, salah satu rumah binaan yang ada dimesir. Satu tahun disana banyak hal baru yang aku temui.
Dengan masuk ruwaq indonesia, aku belajar kitab-kitab yang tidak pernahku jumpai sebelumnya seperti kitab Yaqut Nafis.

Masuk rumah binaan karena masih baru dan kurang tahu tentang kajian yang ada. Nanya kesenior juga malu, ketika sudah masuk rumah binaan banyak informasi yangku dapatkan.


logo ruwaq indonesia rumah binaan


Manfaat Masuk Rumah Binaan

Ketika masuk rumah binaan banyak hal positif yang aku rasakan, diantaranya:

Belajar Dengan Senior Terpilih

Ketika kita sudah masuk rumah binaan, akan ada kajian rutin dibeberapa madah (mata pelajaran) yang diempu oleh senior-senior.

Senior yang dipilih merupakan orang yang sudah menaklukkan madah yang akan ia ajarkan, jika ia mendalami ilmu fiqih maka fiqih lah yang akan dikaji, kalau ilmu nahu yang ia kuasai maka ilmu nahulah yang akan ia ajarkan, begitu juga dengan ilmu yang lain. Apa yang senior ajarkan berarti itulah ilmu yang sudah ia kuasai.

Bukan berarti ilmu yang lain tidak ia kuasai cuma kebanyakan orang pasti lebih menonjol di satu bidang ilmu saja.

khatam kitab sharaf dirumah binaan mesir
Khatam Kitab Sharaf

Diskusi Setelah Belajar

Setelah belajar kita akan ada yang namanya murajaah dan diskusi. Satu orang sudah ditunjuk sebagai orang yang mengulang materi yang sudah diajarkan ustad sebelumnya. Belajar bersama, mendengarkan ilmu yang disampaikan dan nantinya akan ada diskusi sekaligus tanya jawab.

Ilmu akan lebih lama nempel dibandingkan belajar tampa ada diulang, didiskusikan dan diajarkan ke orang lain. Tiga tahapan ini sangat dibutuhkan para penuntut ilmu apapun, agar ilmu yang sudah didapatkan tidak hilang sia-sia.
Murajaah pelajaran, hafalan memang sangat berat dibandingkan menghafal pertama kali.

Mudah Memahami Apa Yang Di Ajarkan Syekh

Belajar dengan senior sangat membantu kita ketika belajar dengan Syekh, kalau ngaji sama Syekh tentunya pakai Bahasa Arab, sedangkan sama senior kita masih pakai bahasa Indonesia.
Jika kita sudah mengaji sama kakak senior jangan lupa ngaji sama syekh, agar keilmuwan kita bertambah, ketika belajar sama Syekh banyak maklumat-maklumat baru yang akan kita temui.

Jika dua cara itu dilakukan, kita akan faham kitab dan apa yang disampaikan Syekh, saat hadir dikajian syekh kita bukan lagi orang yang kosong.

Ada yang mendengarkan hafalan

Ketika masuk rumah binaan, kita akan diwajibkan menghafal beberapa kitab yang sudah ditetapkan oleh pengurus. Hafalan wajib yang mempunyai target harian hingga khatam akan ada kakak yang sabar mendengarkan.
Bukan sekedar mempelajari saja, juga ada waktu menghafalnya, kita akan diberi target beberapa hari untuk menuntaskan hafalan kitab.

menghafal lalu disetorkan kepada kakak pembina, siap-siap dimarahi kalau tidak lancar ketika proses setoran, sampai-sampai disuruh ulang lagi sampai lancar, setelah lancar baru bisa dapat tanda tangan pembina yang melambangkan hafalan sudah selesai disetorkan dan siap-siap untuk hafalan yang baru esok hari.
Jadi kita tidak akan bingung lagi mencari orang yang akan mendengarkan hafalan kita.

Serumah Dengan Orang Beda Provinsi Namun Satu Misi

Serumah dengan teman-teman dari provinsi lain, saling tukar ide dan pengalaman.

Kampung boleh beda namun misi harus sama, mempunyai tujuan yang sama yaitunya menuntut ilmu. Dirumah binaan kita akan menemukan lingkungan yang sangat mendukung dan meningkatkan kemauan belajar.

teman satu tujuan dirumah binaan

Salah satu nikmat juga bertemu dengan teman-teman dari provinsi lain, ada yang dari Jawa , Kalimantan, Sumatera, NTB dan Sulawesi. Hari-hariku diisi wajah-wajah cantik mereka, kadang mereka baik bener kadang juga membuat hati dongkol, namun rasa bahagialah yang sangat dominan dirasakan hati ini.

Rasa perhatian, saling berbagi sangat kental didiri teman-temanku, sehingga rasa nyaman menyelimuti kalau sudah didekat mereka, selama di Mesir belum aku temui kenyamanan melebihi mereka.
Jangan bilang-bilang, takutnya mereka terbang ke angkasa!

foto bersama banat ruwaq indonesia

Serba-serbi Di Rumah Binaan

Satu tahun bergabung dengan rumah binaan banyak hal yang aku dapatkan, apalagi keilmuwanku sangat banyak bertambah. Ketika masuk rumah binaan kita memang dituntut untuk menyelesaikan target-target yang telah ditentukan pengurus.

Ada Ujian Di Setiap Madah

Setelah selesai belajar bersama guru, diskusi bersama teman, maka akan tiba saatnya ujian akhir. Menguji sudah sampai mana faham ilmu yang dipelajari, siapa yang mendapatkan nilai tertinggi, juga ada juaranya loh.

Perizinan

Ketika ada jadwal yang tabrakan dengan kajian yang telah ditetapkan rumah binaan, maka kita harus merelakan kajian yang dilur itu, hidup memang pilihan kawan.
untuk jatah izin kita diberi dua kali dalam satu bulan, sebaiknya jatah izin tidak usah sering-sering dipake, supaya ilmu yang didapatkan lebih optimal.

Mengumpulkan Hp

Agar bisa lancar dan cepat ketika setoran, kita dilarang begadang untuk hal yang tidak baik.
Hp sudah harus dikumpulkan ketika hari sudah menunjukkan pukul sebelas malam, baru bisa diambil kalau sudah selesai setoran, semakin lama setoran maka hp juga makin lama diambilnya.

Penutup

Rumah binaan sangat cocok bagi teman-teman baru ataupun teman-teman yang butuh bimbingan. Disana akan kita temukan hal baru untuk menunjang kemauan belajar.
Berpacu-pacu dalam meningkatkan keilmuwan, ketika melihat teman sudah setoran, membuat kita terpacu juga untuk cepat menyelesaikan.







Posting Komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.