shodiqah.com

Keutamaan Sholawat


Setiap amalan yang kita lakukan pasti akan diberi pahala oleh Allah, besar kecilnya pahala hanya Allah yang tau.
Keutamaan sholawat banyak sekali bahkan mencapai empat puluh lebih. Tujuan mengetahui keutamaannya agar kita semakin cinta dan semakin semangat bershalawat.
Mari jadikan zikir dan sholawat sebagai bacaan wajib setiap hari, agar kehidupan yang kita jalani menjadi berkah.

Jika kita terlalu sibuk dengan dunia, akhirat kita akan terbengkalai, kalau beralasan sibuk tidak bisa sholawat, kita masih punya hati yang bisa berkata-kata.
Lebih dari tiga hari tidak zikir, sholawat, belajar agama maka bersiaplah hati kita akan menjadi kering kerontang, sehingga sangat susah untuk menerima kebaikan.



keutamaan sholawat nabi

Target Sehari Sholawat

Jangan cuma menargetkan hal masalah keduniawian, seperti bulan ini aku harus dapat uang segini.
Apakah kita sudah mempersiapkan bekal untuk perjalanan panjang untuk esok hari?
Perjalanan yang tidak ada lagi ujungnya.

Selagi nyawa masih ditubuh, segeralah menata ulang amalan ibadah yang akan menjadi penyelamat di hari esok, gunakanlah sisa kekuatan jasad untuk membangun bangunan di dalam surganya Allah. Kita masih belum terlambat untuk memulai kembali, pintu rahmat Allah akan selalu terbuka lebar sampai malaikat maut menghampiri.

Baca sholawat sedikit yang penting rutin dilakukan tiap hari, bagi pemula bisa dimulai dulu dari hitungan 300 perhari, nanti kalau sudah mulai terbiasa bisa diamalkan sebanyak 1000x bahkan lebih.
Tidak usah banyak-banyak kalau kita baru membangun kebiasaan baru, takutnya kita kewalahan dan gagal deh menerapkannya.

Keutamaan-keutaman Sholawat

Syekh Abdul Wahhab As-Sya’rani menuliskan keutamaan sholawat didalam kitabnya Liwaqihil Anwar Al-Qudsiyah, beliau menulisnya sebagai bentuk kerinduan akan Baginda Rasul yang sudah memuncak.

Dosa Diampuni

Bagi orang yang membaca sholawat, dosa kecilnya akan diampuni Allah. Allah sangat sayang akan hambanya yang mau berjuang demi keselamatan akhiratnya, berapapun amalan yang kita kerjakan pasti akan ada ganjarannya.
Membaca sholawat juga menjauhkan kita dari perbuatan dosa seperti ngomongin keburukan orang lain, dengan menyibukkan diri kepada yang baik, maka kita akan terhindar dari perbuatan maksiat.

Derajatnya Diangkat

Siapa yang tidak mau diangkat derajatnya disisi Allah tuhan semesta alam, ketika diangkat jadi orang penting aja di suatu komunitas kita sudah bangga, berbagai cara baik halal dan haram juga dilakukan demi mendapatkan perhatian orang.
masak diangkat derajat disisi Allah tidak mau berjuang?

Pahala Memerdekakan Budak

Orang yang bershalawat akan mendapatkan pahala seperti orang yang memerdekakan seorang budak, zaman sekarang tidak ada lagi yang namanya perbudakan, namun pahalanya masih bisa diraih dengan cara rajin sholawat.

Selamat Dari Huru-hara Kiamat

Hari kiamat adalah hari yang sangat mengerikan, makhluk diatas bumi berlarian kesana kemari tampa arah, semua yang ada di atas langit berjatuhan bagaikan hujan, bumi mengeluarkan semua isinya. Tidak terbayang bagaimana dahsyatnya hari kiamat, agar kita bisa selamat saat terjadinya hari kiamat maka dari sekarang rutinkanlah membaca sholawat kepada Baginda Rasul.

Mendapatkan Syafaat Rasul

Ketika semua makhluk sudah berkumpul di padang mahsyar, semuanya bukan lagi berbentuk seperti wujud manusia umumnya., ada yang berubah wujud menjadi hewan yang begitu hinanya, amalan sebagai penentu dan yang akan membantu kita dihari itu.

Selain amalan ada juga yang mendapatkan syafaat atau bantuan dari Rasulullah, bagi orang yang mendapatkan syafaat hidupnya akan aman, karena ada Rasulullah sebagai penjaminnya, pintu surga dan malaikat penjaganya sudah bersiap-siap menyambut.

Diantara ribuan Nabi dan Rasul, hanya Baginda Nabi Muhammadlah yang bisa memberi syafaat untuk umatnya, untuk itu bersyukurlah menjadi bagian dari umat beliau.
Rasulullah demi kesejahteraan umatnya, rela melakukan hal yang sangat berbahaya dan menakutkan, Rasul rela mengatakan kenyang kepada sahabatnya yang lapar, rasulullah rela luka-luka demi menegakkan agama.

Kita sebagai umatnya apa yang telah kita korbankan sebagai bentuk cinta kepadanya?
Kita tidak disuruh lagi untuk memerangi musuh Allah dengan cara berperang, kita hanya disuruh melawan rasa malas untuk menegakkan tubuh agar mau memperbanyak melakukan amalan ibadah.
Masih mau malas sholawat ketika sudah membaca beberapa keutamaan sholawat?


makam Rasulullah di Madinah

Mendapat Naungan

Naungan yang sangat dicari ketika menghadang panasnya padang mahsyar, cucuran keringat setiap orang berbeda, ada yang cuma sampai mata kaki, sampai pinggang bahkan ada yang sampai tenggelam. Nauzubullah Ya Allah
Namanya juga matahari cuma berjarak satu jengkal, sekarang aja yang jauh diatas langit kita sudah bercucuran keringat apalagi nanti pas di padang mahsyar.

Menerangi Jalan Ke Surga

Sholawat akan menjadi lampu dikegelapan kuburan, kita juga akan ditemani sampai menyeberangi panjangnya perjalanan di atas shirat.
Mari kita mulai membangun kebiasaan untuk rajin bersholawat, agar kita bisa menikmati keindahan surganya Allah.

Cara Rajin Bersholawat

Dalam mengupayakan amalan ada beberapa cara agar kita rajin bersholawat

Menentukan Waktu Khusus

Bagilah waktu yang 24 jam menjadi beberapa bagian, ada bagian untuk Allah yang artinya waktu ibadah, ada waktu untuk menambah keilmuwan, waktu menyenangkan diri dan waktu yang kita habiskan bersama orang lain.

kalau aku mengkhususkan waktu setelah subuh sampai terbit matahari untuk membaca zikir dan sholawat. Hindari tidur habis shubuh, carilah aktivitas yang bermanfaat agar rasa kantuk hilang.
Kalau kamu suka sholawat setelah ashar juga boleh, kita yang menjalani dan kita juga yang tahu letak kenyamanan. Kenyaman sangat diperlukan agar bisa istiqomah dalam melakukan.

Membuat Daftar Target

Buatlah daftar target pencampaianmu, agar kita bisa tahu:
  • Hari ini sudah baca sholawat atau belum
  • Berapa banyak sholawat yang sudah kita baca
  • Sebagai media evaluasi setiap harinya
Mencatatnya bisa dengan aplikasi hp ataupun dibuku catatan yang kita punya.

Membeli Tasbih Digital

Belilah tasbih sebagai alat pengingat kita untuk selalu berzikir dan sholawat, apalagi tasbih yang seperti cincin, ketika kita melihatnya digenggaman, otomatis hati kita akan bergerak untuk bersholawat.
Silahkan dicoba karena sudah banyak orang yang membuktikannya.
tasbih digital biru

Penutup

Mengetahui keutamaan sholawat sebagai landasan motivasi kita agar selalu rajin dalam mengingat Allah dan Rasulullah. Ulama sangat cinta kepada Rasul, mereka ada yang bisa dalam sehari membaca 10.000 sholawat, apa mungkin 100 perhari kita tidak mampu?

Mari ajarkan keluarga dan anak-anak kita untuk cinta kepada Rasul, kenalkan mereka dengan Rasul dari sejak dini, putar ulang kisah perjuangan Rasul, dengan mencintai Rasul pertanda kita juga cinta akan Allah.

Memulainya memang berat, namun ketika sudah biasa nanti bakalan akan ada rasa yang ngeganjel ketika kita tidak membacanya.
Semangat dalam mengumpulkan amalan-amalan yang akan membahagiakan kita diakhirat kelak.









2 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.

  1. jazakillah khair ukht, benar ya, memang harus punya target sehari berapa kali sholawatnya.

    BalasHapus