shodiqah.com

Personal Branding Seorang Santri Blogger


Membangun personal branding seorang blogger sangat diperlukan. Supaya kita dianggap ada sebagai seorang blogger yang khas, unik di setiap tulisan dan ide yang kita curahkan.

Apa Itu Personal Branding

Personal branding adalah persepsi seseorang yang kita bentuk terhadap diri dan apa yang bisa kita tawarkan secara profesional saat ini serta di masa depan. 
Tujuan personal branding adalah untuk membangun kesan positif seseorang terhadap diri kita.

Personal branding merupakan gambaran diri yang bisa ditunjukkan lewat apa saja, bisa terlihat lewat cara berpakaian, berbicara, hingga gadget dan kendaraan yang digunakan.

Pokoknya, apa pun yang melekat pada diri, dilakukan secara konsisten, serta disadari orang lain, maka itu bisa membangun personal branding tanpa kita sadari.

Namun sebenarnya personal branding bisa dibangun dengan sengaja. Artinya, kita bisa mendesain bagaimana perspektif seseorang seharusnya terhadap diri kita. Citra diri yang positif, profesional, dan baik sangat diperlukan untuk menunjukkan kredibilitas.

pengertian personal branding

Dikutip dari : Glints

Cara Membangun Personal Branding

Membangun personal branding seorang blogger artinya membangun kepercayaan orang lain dan mengenalkan bahwa kita adalah seorang blogger.

Upaya ini memang tidak mudah apalagi bagi kita yang belum dikenal luas, memang bisa dibilang sangat susah, walaupun begitu kita harus mulai membangun kepercayaan itu dari sekarang. Perlahan namun pasti,upaya itu harus kita jalani.

Untuk itu kita perlu melakukan langkah berikut ini:
1. Mengenali Diri Sendiri
Sebelum mengenalkan diri keorang lain, kita perlu tahu dulu jati diri kita sebenarnya, tentang kelebihan dan kekurangan kita perlu diulik. Agar ketika kita dipuji tidak terlalu besar hati dan ketika dikomentari akan kekurangan tidak menjadi orang yang baperan.

2. Menetukan Tujuan
Mengira-ngira keadaan diri, mau kemana dibawa esok hari. Setiap langkah harus mempunyai tujuan agar bisa dibawa kejalan yang jelas.
Kalau kita mempunyai tujuan sebagai blogger yang menulis hal berkaitan tentang pendidikan, maka kita harus mendalami hal yang berkaitan tentang pendidikan. Setiap tujuan pasti beda prinsip dan metodenya.

3. Memilih Karakter Untuk Ditonjolkan
Setiap orang mempunyai karakter diri, semakin unik karakter maka akan semakin mudah diingat orang lain.
“Febby rajin posting tentang Ilmu Agama”
kalau sudah begitu kata orang, maka bisa dikatakan kita sudah mulai membangun personal branding yang kita punya pada diri kita. Menampakkan hal yang unik dan positif sangat dibutuhkan, agar apa yang kita lakukan bisa diterima orang lain.

4. Istiqomah
Alur yang kita tempuh diusahakan harus sama, kalaupun kadang berbelok jangan terlalu jauh. Agar orang tidak bingung melihat karya kita.
Biasanya menulis tentang Agama, tidak ada angin tidak ada hujan pindah haluan jadi penulis otomotif, kan jauh banget. Untuk itu perlu keistiqomahan dalam menulis.

cara membangun personal branding

5. Mengembangkan Media Sosial
Media sosial adalah alat yang bagus untuk mempromosikan blog dan membangun personal branding. Gunakan media sosial untuk berbagi konten blog, berinteraksi dengan pembaca, dan membangun jaringan.

6. Mempromosikan Blog
Jangan hanya mengandalkan mesin pencari untuk membawa pengunjung ke blog. Promosikan blog di berbagai platform media sosial dan media online lainnya.

7. Membangunnya Dengan Kejujuran
Jujur dengan keahlian yang ada, jangan mengambil karya orang lain. Lakukan sesuatu yang masih dalam kesanggupan. 
Jangan mengambil karya orang lain dengan tujuan agar lebih dikenal diklayak ramai. Takutnya bukan hal positif yang timbul, malahan hal yang negatif akan berdatangan. Jika kita didapati curang dalam menulis suatu karya.

Manfaat Personal Branding

Membangun personal branding memang perlu waktu, agar waktu bisa lebih disingkat dan kita semangat dalam membangunnya, maka kita perlu tahu dulu apasih manfaat yang akan kita dapatkan setelah terbangunnya personal branding.
  • Tumbuhnya Kepercayaan Orang
Kepercayaan akan tumbuh ketika kita sudah memikat hati orang, orang akan percaya dengan kelebihan dan keunikkan yang kita punya. Dengan begitu koneksi pertemanan akan semakin luas dengan sendirinya.
Orang tidak fikir panjang menjadikan kita teman didalam setiap langkahnya. Luasnya pertemanan juga bisa membantu kita mempermudah jalan terkumpulnya berbagai rezeki.
  • Pembeda Dengan Orang Lain
Karakter unik yang tadinya kita tonjolkan. Merupakan sebagai pengingat akan keunikan dan pembeda kita dengan orang lain. Orang akan penasaran dengan kelebihan yang kita punya.


kartu nama santri blogger
  • Menumbuhkan Kepercayaan Diri
Ketika personal branding sudah kebagun, kita akan semakin percaya diri untuk memberikan edukasi ke orang lain. Niche yang kita sukai akan terbentuk dengan sendirinya, karena jalan kita lebih terarah dan fokus pada satu tujuan.
  • Menjadi Apa Adanya
Ketika personal branding sudah terbentuk, kita akan menikmati hidup apa adanya. Lebih tumbuh rasa syukur dan sayang pada diri.
Jadilah diri sendiri, agar apa yang kita jalani lebih berkah. Menuntut diri agar baik sangat dianjurkan, namun jangan memaksa agar bisa jadi orang lain seutuhnya.
Meniru semua yang ada pada diri orang lain sangat tidak nyaman, jadilah seorang yang unik dengan gaya sendiri. Jangan sampai kepribadian orang lain menutupi diri kita yang asli.

Kamu Pengen Dikenal Sebagai?

Seperti Sabda Rasulullah Saw

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ

“Menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain, ini adalah ciri karakter orang yang mulia”

Mengingatkan dan menegur orang yang sedang lalai.

Tidak pelit akan ilmu pengetahuan yang sudah didapati.

Berbagi manfaat dan pengetahuan bahwa ilmu Allah adalah ilmu yang paling utama di pelajari sebelum ilmu yang lain.

Mengingatkan bahwa dunia hanya sebagai tempat persinggahan, untuk itu ibadah jangan dikesampingkan demi dunia dan hiruk-pikuknya.

Salah satu tujuan aku menulis di blog adalah menulis rekam jejak perjalanan ilmu yang kudapati, membagikannya keklayak ramai agar juga bisa diamalkan orang lain.

Manfaatnya bagiku agar ilmu yang sudah digali tidak hilang begitu saja.

Sebagai pengingat bahwa ilmu harus dibagi agar orang lain juga merasakan manisnya ilmu pengetahuan agama.

Semoga aku selalu semangat mencari ilmu, dan mengamalkan apa yang telah didapati.










7 komentar

Hai... Terima kasih sudah berkunjung. Semoga tulisan saya bisa bermanfaat untuk Para Asdiqo'.
Shodiqah tunggu komentarnya ya, tetapi jangan tinggalkan link hidup di dalam komentar.

  1. Sukses selalu kak. Santri blogger. Menulis blog tentang agama sebagai salah satu syiar.

    BalasHapus
  2. Selalu adem rasanya kalau berkunjung di blog ini Kak. Masyaallah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah wa masya allah mksih kk sudah berkunjng. sering mampir ya kk

      Hapus
  3. seneng banget warna ijooo, semangatt kak Shodiqah, sebagai sesama santri related banget dengan "Khoirunnasi Anfauhum Linnas" :)

    BalasHapus